Kamis, 09 Februari 2023
Pemerintahan

Maksimalkan Layanan Adminduk Terintegrasi, Begini Penjelasan Dispendukcapil Kabupaten Malang

profile
Senopati

13 Desember 2022 08:07

608 dilihat
Maksimalkan Layanan Adminduk Terintegrasi, Begini Penjelasan Dispendukcapil Kabupaten Malang
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang Harry Setia Budi. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Untuk memaksimalkan layanan Administrasi Kependudukan terintegrasi, dan terus berupa maksimal memenuhi standar kualitas layanan baik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malang.

Kepala Dispendukcapil, Harry Setia Budi mengatakan, Untuk memaksimalkan pelayanan Adminduk terintegrasi, berkaitan erat dengan keberadaan sumber daya manusia (SDM) yang ada di kantor Dispendukcapil.

" Kami dalam memaksimalkan pelayanan terintegrasi memang memerlukan staff yang menguasai semua bidang layanan, tidak hanya menguasai bidang pengurusan Kartu Keluarga, KTP dan Kartu Induk Anak (KIA) tapi mampu juga menguasai bidang bidang Catatan Sipil yang berkaitan dengan akte," jelas Harry saat ditemui awak media di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Senin 12 Desember 2022 kemarin.

Harri menambahkan, terkait mutasi dan rotasi pada staff Dispendukcapil semata mata untuk meningkatkan kualitas mutu dan layanan, dan Kadis tidak wajib berkoordinasi dengan Kepala Bidang dalam wewenang rotasi Staff 

"Jadi semua yang kami lakukan selama ini untuk meningkatkan kapabilitas staff itu sendiri, ketika dia (staff) tidak mengalami perubahan posisi dia akan mempelajari satu bidang saja, dan itu akan membatasi pengetahuan dia tentang layanan terintegrasi ini. Perlu saya tekankan, didalam kantor Dispendukcapil ini itu kewenangan mutlak ada pada Kepala Dinas yang mempunyai wewenang penuh terkait pemindahan dan pembinaan staff," terang Harry.

Harry menegaskan, terkuat mutasi dan rotasi pada staff Dispendukcapil merupakan hal biasa, karena hal tersebut bagian dari pembinaan, peningkatan kualitas, dan tujuannya itu untuk lebih meningkatkan layanan terintegrasi bidang Adminduk.

"Jadi apabila ada pemohon bidang apa saja yang datang, mau butuh apa saja bisa terlayani oleh satu staff tadi, tanpa harus bolak balik kesana kemari, itu tujuan utama kami dalam layanan terintegrasi," tandas Harry.

Harry berharap nantinya para staff bisa dan mampu untuk melaksanakan layanan terintegrasi Adminduk untuk kepuasan masyarakat.

"Jadi dengan adanya layanan Adminduk terintegrasi ini masyarakat merasa terpuaskan, dan perlu kami tekankan pelayanan ini tidak perlu pelatihan secara spesifik, karena semuanya ada di Sistem Informasi, Administrasi Kependudukan (SIAK), tinggal klik fiturnya dan menjalankannya, jadi belajar sambil mengerjakan, tidak ada teori khusus hanya tinggal tekan saja," pungkas Harry.

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Maksimalkan Layanan Adminduk Terintegrasi, Begini Penjelasan Dispendukcapil Kabupaten Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT