Sabtu, 21 Mei 2022
Pemerintahan

Manfaatkan data Kependudukan, Dispendukcapil Malang Dorong Desa Dan Kecamatan Bersinergi

profile
Senopati

05 April 2022 19:58

385 dilihat
Manfaatkan data Kependudukan, Dispendukcapil Malang Dorong Desa Dan Kecamatan Bersinergi
Plt Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Malang, Dyah Kusuma Hastuti. (Suara Jatim Post)

KABUPATEN MALANG – Optimalkan pelayanan pemanfaatan dokumen kependudukan secara menyeluruh di Kabupaten Malang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) imbau Pemerintahan Desa dan Pemerintah Kecamatan untuk selalu bersinergi.

Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Dyah Kusuma Hastuti mengatakan, kerjasama antara pemerintahan dengan masyarakat lebih mudah memperoleh pelayanan data di tingkat desa dan kecamatan.

"Dengan adanya kerjasama antara desa, kecamatan dan Dispendukcapil, masyarakat nantinya dapat mengses dengan cepat pemanfaatan data kependudukan di daerah masing-masing," jelas dia, Selasa (5/4/2022).

Sebab data yang kependudukan yang diakses masyarakat, lanjut Dyah, sudah terkoneksi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Siak) di Dispendukcapil Kabupaten Malang," kata Dyah.

Ia menegaskan, Dispendukcapil dalam mengoptimalkan pelayanan data kependudukan sudah memberikan sosialisasi pada Pemerintahan Kecamatan agar bisa mendorong desa yang ada di wilayahnya.

"Setelah mengajukan permohonan akses informasi data kependudukan, akan segera mendapatkan hak akses tersebut," tambah Dyah.

Mendatang, ungkap Dyah, masyarakat mempunyai hak akses data informasi kependudukan di daerahnya dalam memberikan pelayanan adminduk pada masyarakat, tanpa harus ke kantor Dispendukcapil.

Saat disinggung pelayanan di Dispendukcapil yang masih ramai, sementara di lain pihak Dispendukcapil sudah banyak mengeluarkan inovasi pelayanan berbasis online.

"Memang saat ini Kantor kami banyak masyarakat ramai mengajukan permohonan pembuatan akte kelahiran, KTP dan KK dan dokumen lainnya," jawab Dyah.

Hal tersebut diakui Dyah, karena saat ini ada pembukaan penerimaan calon anggota  Polisi baru. Jadi masyarakat yang ingin mendapatkan dengan segera dokumen kependudukan yang di perlukan, langsung ke kantor Dispendukcapil.

"Kami juga sudah kerjasama dengan Polres Malang dalam validasi dokumen kependudukan," bebernya.

Dyah berharap, dalam menyongsong tahun 2024 yang merupakan tahun pemilu, semua masyarakat Kabupaten Malang sudah memiliki dokumen kependudukan yang lengkap.

"Untuk itu Dispendukcapil pada tahun 2022 ini akan lebih fokus pada pelayanan kependudukan masyarakat kaum Difabel, warga lansia dan penduduk rentan," kata Dyah.

Pada tahun 2022, Dyah memaparkan jika pihaknya juga akan lebih mengoptimalkan pelayanan kependudukan agar masyarakat memiliki dokumen kependudukan mulai dari KTP, KK, Akte Kelahiran dan Kartu Induk Anak (KIA). (Nes)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Manfaatkan data Kependudukan, Dispendukcapil Malang Dorong Desa Dan Kecamatan Bersinergi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT