Kamis, 09 Februari 2023
Pemerintahan

Mengantisipasi Penyelewengan Pemilu 2024, Bawaslu Membentuk Sentra Gakkumdu

profile
Arkana

09 Desember 2022 17:45

768 dilihat
Mengantisipasi Penyelewengan Pemilu 2024, Bawaslu Membentuk Sentra Gakkumdu
Gakkumdu Kota Batu resmi di launching. (SJP)

KOTA BATU – Pemilu tahun 2024 di Kota Batu akan semakin ketat, segala penyelewengan aturan akan dipantau oleh Bawaslu Kota Batu, yang kini telah memiliki sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Diresmikan langsung oleh Wali Kota Batu, Punjul Santoso, bersama Ketua DPRD Kota Batu dan Ketua Bawaslu Kota Batu, di Royal Orchid Garden Hotel, Kamis (8 Desember 2022) kemarin.

Ketua Bawaslu Kota Batu, Abdur Rochman mengatakan, nantinya sentra Gakumdu akan melibatkan 25 orang dari lintas sektor termasuk dari pihak Polres Batu dan Kejaksaan Negeri Kota Batu.

"Ini merupakan sinergi bersama untuk mengawal pemilu 2024. Keadilan pemilu adalah instumen penting, kita akan mengidentifikasi ketidakberesan pada pemilu dan akan menindak pada pelaku pelanggaran," ungkapnya.

Selain itu, Rochman juga menambahkan, tugas dari Gakumdu meliputi pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran  pemilu. Gakumdu sendiri akan fokus pada tindak pidana pemilu diwilayah hukum Kota Batu.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, setelah memukul kentongan sebagai tanda peresmian, juga memberikan apresiasi atas dibentuknya sentra Gakumdu Kota Batu. 

Ia juga berharap, sentra Gakumdu Kota Batu bisa melakukan penguatan dan penegakan hukum terpadu dalam pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. 

"Sentra Gakumdu harus mengambil peran strategis untuk memberikan sosialisasi pemilu kepada masyarakat, saya harap harap nantinya pemilu 2024 bisa berjalan lancar dan kondusif," Tambahnya. (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mengantisipasi Penyelewengan Pemilu 2024, Bawaslu Membentuk Sentra Gakkumdu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT