Selasa, 24 Mei 2022
Pemerintahan

Pandanrejo Menjadi Trend Setter Edukasi Restorative Justice di Kota Batu

profile
Doi

23 Maret 2022 16:21

544 dilihat
Pandanrejo Menjadi Trend Setter Edukasi Restorative Justice di Kota Batu
Edukasi restorative justice untuk masyarakat Kota Batu diawali dari Desa Pandanrejo. (Suara Jatim Post)

KOTA BATU – Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur (Kajati) Mia Amiati meresmikan Pondok Seduluran seluruh desa dan kelurahan se-Kota Batu secara simbolis, Rabu (23/3/2022) sebagai wadah edukasi restorative justice.

Bertempat di Kantor Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, pemahaman masyarakat terhadap restorative justice diharapkan Mia, mampu diterima sebagai konsep keadilan.

"Kami berharap, dengan adanya pondok tersebut bisa mengurangi kejahatan serta kasus yang sampai masuk meja hijau sehingga bisa menekan jumlah tahanan," katanya.

Sebagai tempat mediasi, pondok tersebut bisa untuk menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa dengan melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum.

"Dalam ilmu hukum asas tujuan hukum pidana itu untuk kembalikan keadaan semula yang baik, harmonis dan masyarakat yang damai," imbuh Mia.

Mantan Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis, pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Kejaksaan Agung (JAMIntel) itu menekankan upaya untuk mengembalikan keadaan semula yang baik, harmonis dan masyarakat yang damai bisa terwujud. 

Ditambahkan Kajati Jatim, sinergi kepolisian, kejaksaan, pengadilan, tokoh masyarakat dengan mengedepankan musyawarah mufakat berkeadilan.

Kendati demikian, Mia menegaskan tidak semua kasus bisa dilakukan restorative justice karena yang bisa diterapkan lebih ke arah hukum yang ringan dengan ancaman hukumannya di bawah 5 tahun.

"Tuntutan hukuman harus dibawah 5 tahun dan kerugian yang ditimbulkan di bawah Rp2,5 juta. Terpenting, terdakwa bukan residivis," jelas dia.

Sementara itu, apresiasi atas inovasi edukasi hukum yang dipersembahkan Kejati Jatim datang dari Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso.

Politisi PDI Perjuangan itu mengakui jika restorative justice atau keadilan restorasi sejalan dengan budaya ketimuran yang mengedepankan kekeluargaan dan musyawarah.

"Sisi pemaaf dimunculkan dalam restorative justice ini. Jika semua penyelesaian kasus hukum demikian, baik masyarakat damai  maka hal-hal kecil bisa saling dimaafkan," tandas dia. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pandanrejo Menjadi Trend Setter Edukasi Restorative Justice di Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT