Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Pasca Banjir di Pujiharjo, PUBM Malang Gerak Cepat Turunkan Alat Berat Atasi Penumpukan Material Banjir

profile
Senopati

27 Oktober 2022 15:43

515 dilihat
Pasca Banjir di Pujiharjo, PUBM Malang Gerak Cepat Turunkan Alat Berat Atasi Penumpukan Material Banjir
Alat berat yang diturunkan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Malang pasca banjir yang melanda Desa Pujiharjo. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Untuk membuka akses jalan dari lumpur dan sampah pasca banjir, Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPU BM) gerak cepat lakukan pembersihan yang melanda Desa Pujiharo, Kecamatan Tirtoyudo.

Berkat gotong royong bersama stakeholder lainnya dan masyarakat, akhirnya lokasi tersebut  bersih kembali. Kinerja Dinas PUBM ini pun diapresiasi warga Pujiharjo.

“kami atas nama warga Desa Pujiharjo mengapresiasi langkah cepat Dinas PUBM, atas bantuannya pada penanganan darurat pascabanjir kemarin”, ungkap Sutris (55), tokoh tokoh masyarakat Pujiharjo.

Sutris mengaku, bahwa masyarakat sangat terbantu adanya kerja cepat  Dinas PU Bina Marga dan stakeholder lainnya yang menurunkan alat berat saat pembersihan material.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PUBM Kabupaten Malang, Suwignyo mengatakan, pembersihan pascabanjir itu merupakan kewajiban pemerintah.

Khususnya Dinas PUBM selaku instansi yang berwenang dalam penyediaan infrastruktur jalan dan jembatan.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk melaksanakan pembersihan. Selain itu, ini semua merupakan arahan dan intruksi Bapak Bupati Malang yang beberapa waktu lalu meninjau lokasi bencana," kata Wiknyo, Selasa 25 Oktober 2022 selumbari.

"Alhamdulillah progressnya berjalan lancar, dan itu merupakan kewajiban kami dalam upaya penanggulangan bencana banjir di Desa Pujiharjo," imbuh pria yang selalu dekat dengan awak media.

Ditempat terpisah, Kepala Desa (Kades) Pujiharjo Hendik Arso, mengatakan, banjir bandang yang terjadi berasal dari aliran dua sungai yang melintas di Pujiharjo. Yakni Sungai Tundo dan Sungai Purwo.

Kondisi sungai yang  sudah cukup dangkal dinilai menjadi salah satu hal yang menyebabkan naiknya debit air sungai sampai meluap dan menggenangi rumah warga. 

"Ya, agar banjir nggak jadi langganan, harapannya ada pengerukan sungai atau normalisasi yang maksimal dan tak sebentar-sebenar lalu pergi, jadi kurang maksimal," pungkas Hendik. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pasca Banjir di Pujiharjo, PUBM Malang Gerak Cepat Turunkan Alat Berat Atasi Penumpukan Material Banjir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT