Senin, 27 Juni 2022
Pemerintahan

Pastikan PPDB Tahun 2022 Lebih Baik, Komisi IV DPRD Banyuwangi Gelar Rakor Bersama Dinas Pendidikan

profile
Ikhwan

07 Juni 2022 14:05

221 dilihat
Pastikan PPDB Tahun 2022 Lebih Baik, Komisi IV DPRD Banyuwangi Gelar Rakor Bersama Dinas Pendidikan
DPRD bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi saat gelar Rakor tentang PPDB

BANYUWANGI - Komisi IV DPRD Kabupaten Banyuwangi menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Dinas Pendidikan, dan Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Kabupaten Banyuwangi menyiapkan persiapan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun Pelajaran 2022-2023.

Ketua Komisi IV, Ficky ​​Septalinda mengatakan, meminta penjelasan kepada dinas Pendidikan maupun provinsi terkait dengan persiapan pelaksanaan PPDB Tahun 2022.

"Kita berharap pelaksanaan PPDB tahun 2022 ini lebih baik dari tahun sebelumnya. lancar dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan Pendidikan, baik di jenjang SMA,SMK maupun SMP," ucap Ficky ​​saat dikonfirmasi, Jumat (03/06/2022) lalu.

Ficky ​​menjelaskan, pelaksanaan PPDB tahun 2022 tetap menggunakan acuan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada Taman Kanak-Kanak (TK),Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah kejuruan (SMK).

Regulasi yang menjadi PPDB Tahun 2022 ini sama dengan Tahun 2021 yang lalu, tidak ada perubahan aturan yang dibuat dengan baik dengan sistem maupun mekanismenya, ucap politik perempuan PDI-Perjuangan ini.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno menyampaikan, pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk SMP sudah dibuka pada Senin 18 April 2022 lalu dengan menggunakan empat jalur pendaftaran yakni jalur prestasi akademik dan non-akademik, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/ wali, dan zonasi.

"Kami ingin PPDB jalur prestasi dan afirmasi selesai memastikan calon siswa dari keluarga miskin atau tidak mampu benar-benar mendapatkan layanan pendidikan," ucap Suratno.

Sesuai jadwal, Dinas Pendidikan mendahulukan pendaftaran bagi siswa jalur prestasi. Kuota siswa yang diterima di jalur prestasi adalah 30 persen dari pagu sekolah. Rinciannya, prestasi akademik nilai rapor paling banyak, yaitu 20 persen, prestasi lomba akademik 5 persen, dan prestasi lomba non-akademik 5 persen.  

Selanjutnya pengumuman dan daftar ulang jalur prestasi akademik ini pada Rabu (20/4/2022). 

"PPDB jalur prestasi akademik dan non-akademik kita buka lebih dulu sebelum hari raya Idul Fitri," ujarnya.

Setelah jalur prestasi akademik dan non-akademik, pendaftaran jalur afirmasi dan kepindahan orang tua, akan dibuka pada 20 sampai 21 Juni 2022 mendatang. 

Untuk kuota jalur afirmasi 15 persen dari daya tampung sekolah dan jalur perpindahan orang tua/wali paling 5 persen.

Jalur terakhir adalah zonasi dengan jumlah 50 persen dari daya tampung atau pagu sekolah. Pendafataran jalur zonasi baru dibuka pada tanggal 23 sampai 24 Juni 2022. 

Suratno menambahkan, bagi masyarakat hingga penutupan PPDB, putra putri belum mendapatkan sekolah. Dinas Pendidikan akan merespon melalui program pendidikan yang ada di Kabupaten Banyuwangi yakni Garda Ampuh.

"Banyuwangi ini sejak beberapa tahun lalu punya program yang disebut Garda Ampuh, yang dilatar belakangi oleh satu komitmen Bupati sejak awal, anak usia sekolah di Banyuwangi tidak boleh sekolah," ucapnya.

Sehingga program Garda Ampuh nantinya akan diimplementasikan pada saat pelaksanaan PPDB selesai dengan mengintruksikan kepada seluruh sekolah baik negeri maupun swasta jika menemukan anak tidak sekolah di sekitar wilayahnya wajib mengambil dan menerima anak tersebut untuk sekolah.

"Selesai pelaksanaan PPDB, kami instruksi kepada semua sekolan dari jenjang PAUD,SD hingga SMP, jika menemukan anak yang belum sekolah, maka sekolah terdekat wajib mengambil dan diterima di sekolah itu meski pagu yang tersedia telah penuh," tegasnya.

Menurut Suratno, pagu itu hanya hadir saat pelaksanaan PPDB berjalan, tetapi ini urusan bagaimana Negara atau Pemerintah hadir untuk memfasilitasi warga masyarakat yang belum sekolah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pastikan PPDB Tahun 2022 Lebih Baik, Komisi IV DPRD Banyuwangi Gelar Rakor Bersama Dinas Pendidikan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT