Senin, 29 Mei 2023
Pemerintahan

Pawai Tumpeng Rayakan HUT 109 Kota Malang

profile
Michel Sima

13 Mei 2023 15:26

1.4k dilihat
Pawai Tumpeng Rayakan HUT 109 Kota Malang
Persiapan Pawai Tumpeng Kota Malang

Kota Malang, SJP – Untuk merayakan HUT ke-109 Kota Malang, sekitar 1.900 tumpeng diarak dalam Pawai Tumpeng.

Pawai tersebut akan menempuh rute melintasi Kayutangan dan berakhir di Balai Kota Malang. Setelah itu, tumpeng-tumpeng tersebut akan dinikmati bersama oleh masyarakat Kota Malang.

Kepala Disporapar Kota Malang Baihaqi menjelaskan bahwa Awalnya, Pawai Tumpeng direncanakan akan diadakan bersamaan dengan upacara perayaan HUT ke-109 Kota Malang. 

Namun, karena situasi tidak memungkinkan, maka pawai tersebut akhirnya ditunda dan baru bisa digelar pada hari Sabtu ini.

"Kontingen yang mengikuti Pawai Tumpeng terdiri dari semua perangkat daerah, termasuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan perbankan. Setiap kontingen dari masing-masing perangkat daerah menyiapkan tumpeng sehingga total ada 1.900 tumpeng yang akan dikirab dalam pawai tersebut," kata dia.

Baihaqi menyatakan bahwa dari 1.900 tumpeng yang dikirab, setiap tumpeng berukuran personal yang diharapkan dibawa oleh satu orang, sehingga ada sekitar 1.900 orang yang terlibat dalam pawai tersebut. 

Selain itu, terdapat beberapa tumpeng berukuran besar yang juga akan dibawa dalam pawai, yang berasal dari perangkat daerah di Pemkot Malang.

'Para peserta dari masing-masing perangkat daerah akan memanggul tumpeng besar untuk ikut serta dalam pawai tersebut. Setelah pawai selesai, tumpeng-tumpeng tersebut akan dimakan bersama-sama dengan masyarakat Kota Malang," paparnya.

Baihaqi menyebutkan bahwa rute Pawai Tumpeng tidak akan terlalu jauh, hanya akan melewati Kayutangan dan berakhir di Balai Kota Malang.

"Pawai Tumpeng akan dimulai dari Telkom di sisi barat Kayutangan dan berlanjut ke Jalan Kahuripan. Setelah itu, peserta akan melanjutkan perjalanan ke arah Kodim dan bergerak ke Hotel Tugu, sebelum akhirnya belok ke kanan menuju Balai Kota," jelasnya.

Pawai Tumpeng ini dijamin tidak akan menutup jalan atau mengganggu lalu lintas karena hanya menggunakan satu sisi jalan. 

Di Kayutangan, pawai akan menggunakan sisi sebelah kanan jalan hingga tiba di depan Kantor Kodim, dan jalan akan diarahkan menjadi satu arah. 

Pawai Tumpeng ini adalah bagian dari Malang Creativa #2, yang sudah dimulai sejak pagi dengan berbagai kegiatan seperti Festival Bakso, Lomba fashion daur ulang, Festival Pencak Dor, hingga lomba olahraga tradisional. Semua kegiatan tersebut diselenggarakan di Kota Malang.

"Setelah Pawai Tumpeng selesai, akan dilanjutkan dengan seremonial, doa bersama, dan makan bersama. Pawai Tumpeng dijadwalkan akan selesai sebelum waktu Maghrib. Setelah waktu Maghrib, akan diadakan Festival Lampion dan pembagian hadiah dari kegiatan siang harinya," tutupnya. (*)

Pewarta: Michele Sima
Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pawai Tumpeng Rayakan HUT 109 Kota Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT