Selasa, 28 Juni 2022
Pemerintahan

Pemkab Banyuwangi Didorong untuk Alokasikan Anggaran Penanganan PMK 

profile
Ikhwan

14 Juni 2022 14:24

326 dilihat
Pemkab Banyuwangi Didorong untuk Alokasikan Anggaran Penanganan PMK 
Penanganan PMK di Banyuwangi mendapatkan dorongan untuk mengajukan dana penanganan. (SJP)

BANYUWANGI - Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Ruliyono mendorong pemkab mengalokasikan anggaran untuk penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Dewan berharap wabah tersebut segera bisa tertangani dan tidak semakin meluas. Sehingga dengan anggaran yang cukup, bisa mempercepat penanganannya.

"PMK jangan dianggap enteng, meski kami mengapresiasi kerja keras eksekutif dalam menangani ini. Jika memang darurat, saya mendorong agar mengalokasikan anggaran. Sehingga penanganannya lebih menyeluruh," ucap Ruli, Selasa (14/6/2022).

Ruli mengatakan pihaknya menyentujui berapapun nominal anggaran yang diajukan eksekutif untuk penanganan PMK. Asalkan anggaran yang diajukan tersebut rasional dan jelas arah alokasinya.

"Tinggal berapa yang diajukan, rasional tidak. Kalau kurang kita tambahi, kalau lebih kita rasionalkan," ungkap Ruli.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Mujiono mengatakan, hingga saat ini Pemkab memang belum merumuskan anggaran penanganan PMK.

"Belum dianggarkan, karena sejauh ini masih terkendali. Hanya terkonfirmasi aja, tidak ada laporan yang meninggal," kata Mujiono.

Menurutnya, Pemkab Banyuwangi telah melakukan penganangan semaksimal mungkin agar PMK bisa terkendali. Seperti melarang ternak dari luar daerah hingga penyekatan di perbatasan.

"Kita lebih upaya pencegahan. Sementara untuk warga yang sapinya terjangkit, gratis untuk penanganan dan pengobatannya," jelas Mujiono. (*)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Banyuwangi Didorong untuk Alokasikan Anggaran Penanganan PMK 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT