Jumat, 03 Februari 2023
Pemerintahan

Pemkab Banyuwangi Mulai Bahas Pembangunan Hunian Sementara Bagi Korban Banjir Bandang Kalibaru

profile
Ikhwan

08 November 2022 17:43

584 dilihat
Pemkab Banyuwangi Mulai Bahas Pembangunan Hunian Sementara Bagi Korban Banjir Bandang Kalibaru
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestandani, meninjau lokasi terdampak banjir bandang. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, mulai membahas hunian bagi warga terdampak banjir di Kalibaru. Hunian rencananya akan dibangun dengan model semi permanen. 

Ada beberapa aternatif untuk lokasi hunian sementara bagi korban banjir ini. Yaitu, tanah kas Desa Kalibaruwetan, tanah milik Kodam dan juga lahan milik PTPN XII.

Plt Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli mengatakan, hunian sementara diperuntukkan bagi warga yang rumahanya rusak berat. 

Rumah untuk hunian sementara ini, merupakan bangunan sementara semi permanen. Kendati demikian Ilzam memastikan bangunan itu layak huni.

Di kawasan hunian sementara ini juga dilengkapi fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) termasuk fasilitas pembuangan sampah. Saat ini warga masih tinggai di rumah tetangga, kerabat, atau saudaranya.

"Kurang lebih ada 45 bangunan yang rusak parah. Kita sudah rapat dengan SKPD. Anggarannya akan dialokasikan dari Dana Belanja Tidak Terduga," kata Ilzam, Selasa, (8/11/2022).

Mengenai alternatif lokasi, Ilzam menyebut rencananya bangunan akan ditempatkan di tanah kas Desa Kalibaruwetan, tanah milik Kodam dan juga lahan milik PTPN XII. 

Akan tetapi, informasi dari camat Kalibaru, masyarakat enggan ditempatkan di lahan kas Desa dan lahan Kodam. 

"Masyarakat memilih lahan yang di PTPN XII. Mungkin besok kita dengan Pak Camat dengan PTPN XII akan membahas tentang ini," ujarnya.

Dia menyebut pembangunan hunian sementara akan rampung pada akhir tahun 2022. Mengenai hunian sementara, pihaknya masih menungu kepastian lahan yang digunakan. Saat ini, pihaknya masih melakukan pembicaraan terkait administrasi dengan PTPN XII terlebih dahulu.  

"Proses pembangunannya secepatnya. Kalau prosesnya sudah dimulai, nanti kalau ini clear dengan PTPN lahan sudah clear maka kita sudah bisa bergerak, PU sudah bisa bangun itu," tegasnya.

Mengenai asal anggarannya, menurut Ilzam dana untuk pembangunan hunian sementara ini menggunakan anggaran belanja tidak terduga (BTT). Karena, kata Dia, ini diluar yang sudah direncanakan di APBD.

Apakah rumah warga yang hanyut akan dibangun kembali? Menjawab pertanyaan ini, Ilzam mengatakan, pihaknya masih menunggu verifikasi hasil verifikasi teknis yang dilakukan Dinas PU. Apakah di lokasi itu bisa dibangun kembali atau tidak. 

"Mengingat lokasinya persis di sempadan sungai. Kalau kita membantu membangun di sempadan sungai tentu melanggar aturan," tandasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Banyuwangi Mulai Bahas Pembangunan Hunian Sementara Bagi Korban Banjir Bandang Kalibaru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT