Kamis, 06 Oktober 2022
Pemerintahan

Pemkab Jember Tegas, Setelah Pesisir Pantai Kepanjen Kini Giliran Paseban Di Pasang Plakat Larangan 

profile
Rochul

14 September 2022 21:23

684 dilihat
Pemkab Jember Tegas, Setelah Pesisir Pantai Kepanjen Kini Giliran Paseban Di Pasang Plakat Larangan 
Tim Aset Pemkab yang Memasang Plakat Himbauan Di Pesisir Pantai Paseban Kecamatan Kencong. (SJP)

JEMBER – Pemkab Jember Tegas dalam ambil tindakan dalam menyelamatkan aset negara, terutama diwilayah pesisir selatan.

Hal itu dibuktikan dengan pemasangan plakat Pengumuman yang berbunyi 'Dilarang membangun mendirikan dan atau memanfaatkan ruang sempadan pantai tanpa izin pemerintah kabupaten Jember' dan disitu juga dijelaskan tentang UU yang mengatur sempadan pantai serta tata ruang.

Setelah sebelumnya Tim aset pemkab dan juga pihak dewan Komisi C serta badan pertanahan Nasional,(BPN) beberapa waktu lalu juga melakukan kegiatan yang sama yaitu sosialisasi diwilayah Desa Kepanjen dan pemasangan plakat juga dilakukan.

Setelah melakukan sosialisasi di desa Kepanjen kecamatan Gumukmas, pada Rabu,(14/9/2022) tim melakukan kegiatan yang sama yaitu di Desa Paseban kecamatan kencong dengan agenda yang sama.

Dari hasil pemasangan Plakat ke 2 desa tersebut yaitu jika desa Paseban tidak ada sama sekali tambak yang berdiri di area pesisir.

Namun berbeda sama desa Kepanjen, Hampir seluruh nya wilayah pesisir dipadati oleh penguasa tambak dan hingga sampai saat ini masih beroperasi maupun membangun hal tersebut terkesan tidak takut sama sekali oleh pemerintah.


Sementara itu hasil dari sosialisasi dan pemasangan plakat, pihak Tim penertiban aset Pemkab melalui kepala dinas perikanan Jember Indra Tri Purnomo menyampaikan jika untuk saat ini ada 20 yang terpasang plakat dari 2 desa yaitu Kepanjen dan Paseban.

"Sementara kita pasang 20 plakat Pengumuman untuk 2 desa, dan nanti jika memungkinkan akan dipasang total ada 200 plakat larangan diwilayah 2 kecamatan ini," Kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Jember dan juga sebagai Sekretaris TIM Penertiban aset pemkab Indra Tri Purnomo, Rabu,(14/9/2022) saat dilokasi pesisir pantai Paseban.

Ditanya lebih jauh terkait pemasangan plakat larangan yang dipasang dan juga pemanfaatan lahan yang dikelola masyarakat untuk pertanian pihaknya juga menjelaskan.

"Kami lakukan edukasi kepada masyarakat, bahwa ini tahan negara maka dari itu harus dijaga dan untuk warga yang bercocok tanam dan memanfaatkan diperbolehkan untuk sementara saja namun kami tidak mengizinkan," terangnya.

Sementara ditempat yang sama, atas kegiatan sosialisasi pemasangan plakat tersebut pihak kepala Desa Paseban Satupan juga mendukung, karena hal ini mengedukasi warga agar paham tentang tanah negara.

"Biar masyarakat sekitar paham bahwa itu tanah milik negara dan saat ini sementara ini masyarakat yang belum sadar dan dengan adanya sosialisasi yang terjadi saat ini insyaallah masyarakat kami nanti sadar," terangnya.

Satupan juga menjelaskan jika pesisir pantai Paseban tersebut adalah Benteng untuk menangkis ombak dan jika masyarakat memanfaatkan dengan bercocok tanam dan asal tidak dirusak tidak apa apa selama untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar. (Ulum)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Jember Tegas, Setelah Pesisir Pantai Kepanjen Kini Giliran Paseban Di Pasang Plakat Larangan 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT