Kamis, 30 Juni 2022
Pemerintahan

Pemkab Malang Optimis Desa Madiredo Pujon Masuk Tiga Besar Lomba Desa dan Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jatim

profile
Senopati

16 Juni 2022 20:09

401 dilihat
Pemkab Malang Optimis Desa Madiredo Pujon Masuk Tiga Besar Lomba Desa dan Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jatim
Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Suwadji saat mendampingi tim penilai dari Provinsi Jawa Timur di Desa Madiredo. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pemkab Malang akan memberikan suport dan dorongan pada Desa Madiredo Kecamatan Pujon dalam menyongsong Lomba Desa dan Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2022.

Dari riwayat prestasi Desa Madiredo sebelumnya, Pemkab Malang optimis mampu meraih prestasi masuk tiga besar.

Menurut Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Malang, Suwadji, pihaknya optimis Desa Madiredo mampu meraih sukses dan prestasi dalam lomba desa dan 10 program pokok PKK tingkat Jawa Timur.

"Karena kami melihat desa Madiredo memiliki beberapa keunggulan semua bidang penilaian baik bidang pemerintahan, bidang kemasyarakatan dan bidang kewilayahan," yakin dia. Kamis (16/6/2022).

Bukan hanya itu, inovasi dalam pelayanan masyarakat dan potensi SDA juga SDM nya yg terus dikembangkan oleh desa Madiredo Pujon dalam meningkatkan investasi desa untuk menuju kemandirian  desa demi kesejahteraan masyarakatnya.

Suwadji melanjutkan, kemandirian desa dalam pengembangan potensi desa terus meningkat agar dapat menambah Pendapatan Asli Desa.

"Dengan didukung penyelenggaraan  pemerintahan, pelaksanaan pembangunan , pembinaan kehidupan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat desanya berjalan baik," imbuh dia.

Hubungan Antara Pemerintahan desa, lanjut dia, dengan Badan Pemberdayaan Desa dan Lembaga Desa yang lain sangat baik.

"Kami sangat optimis Desa Madiredo bisa masuk tiga besar, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa Juara I," ungkapnya.

Desa Madiredo, kata Suwadjo, IDMnya masuk Desa Mandiri, dengan indikator ketahanan ekonomi, sosial budaya dan kualitas lingkungan .

"Selain keunggulan desa , pelaksanaan 10 program pokok PKK juga berjalan sangat baik dalam kegiatan pemberdayaan keluarganya, melalui 4 pokjanya," beber  mantan Camat Kepanjen tersebut.

Disamping itu, ia menegaskan, pengembangan destinasi wisata untuk menjadikan Desa Madiredo menjadi Desa Wisata, Pokdarwis dan  sapta pesona wisata nya sangat kuat sekali.

Suwadji menambahkan, partisipasi masyarakatnya sendiri sangat tinggi. Pada tahun 2021 Desa Madiredo, juara 2 tingkat Provinsi Lomba Gotong Royong Masyarakat.

"Ditambah, progres pengembangan Bumdes yang tengah mengembangkan wisata Telaga Desa, modalnya terus meningkat dengan melibatkan penyertaan modal," imbuhnya.

Hal ini, katanya, menandakan bahwa Desa Madiredo sangat siap untuk menjadi desa yang lebih maju , mandiri dan sejahtera.

Dari semua potensi tersebut, imbuh Suwadji,  semuanya menjadi dasar penilaian tim juri lomba desa Pemprov Jatim saat melakukan penilaian pada hari selasa tgl 14 Juni 2022 yang lalu.

"Pemkab Malang dalam mempersiapkan Desa Madiredo untuk Lomba Desa dan PKK , telah melakukan pembinaan, pendampingan dan bantuan Sarana prasarana maksimal," jelas Suwadji.

Pendampingan dilakukan OPD , Camat Pujon dan TP PKK Kabupate Malang, dan TP PKK Kecamatan Pujon, Pembinaan administrasi Pemdesnya dan pendampingan penyusunan Peraturan Desa.

"Kami juga berikan bantuan pengecatan dan alat permainan SLB, infrastruktur lain, pembinaan UKM, kapasitas Bumdes, Desa Siaga Bencana, posyandu, toga, dan pengelolaan sampah melalui instansi terkait," pungkas Suwadji.

Desa Madiredo sendiri, sempat mengikuti lomba desa se Kabupaten Malang yang diikuti 378 desa. Alhasil desa tersebut masuk 6 Besar lomba Desa.

Setelah di seleksi kembali lewat paparan program pembangunan desa , Desa Madiredo menjadi juara I tingkat Kabupaten Malang, dan mewakili Kabupaten Malang untuk mengikuti Lomba Desa yang diselenggarakan oleh Pemprov Jatim tahun 2022 ini. (nes)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Malang Optimis Desa Madiredo Pujon Masuk Tiga Besar Lomba Desa dan Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jatim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT