Sabtu, 21 Mei 2022
Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Tebar 3 Ribu Benih Ikan Nila di Embung Samiran

profile
Faisol

31 Maret 2022 20:58

334 dilihat
Pemkab Pamekasan Tebar 3 Ribu Benih Ikan Nila di Embung Samiran
Pelepasan benih ikan Nila di Embung Samiran. (Suara Jatim Post)

PAMEKASAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan menebar 3.000 benih ikan nila di Embung Samiran. Penebaran ikan tersebut dalam rangka memperingati hari air sedunia.

Tebar benih ikan nila tersebut dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Pamekasan Totok Hartono mewakili Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

"Melakukan penanaman 200 pohon, meliputi pohon mangga dan mahoni di sekitar embung. Termasuk menebar 3 ribu benih ikan nila ke dalam embung Samiran," kata Sekdakab Pamekasan Totok Hartono.

Menurutnya, penanaman pohon dan penebaran ikan itu diharapkan dapat mendorong dan mempercepat kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khusunya pemakaian dan pemanfaatan air.

"Di samping itu, peringatan hari air se dunia ini bukan sekadar acara seremonial, tetapi merupakan salah satu upaya kita untuk mempengaruhi masyarakat agar terbiasa menjaga kelestarian lingkungan, kebersihan, memilah sampah dengan baik, tidak merusak ekosistem sehingga kita menjadikan kehidupan kita lebih sehat," ujarnya.

Totok berharap semua stakeholder baik organisasi perangkat daerah, camat, lurah, kepala sekolah, pengelola pondok pesantren, dan seluruh elemen masyarakat bersinergi mewujudkam lingkungan yang bersih dan berseri.

"Sekolah yang berbudaya lingkungan sehingga sejak usia dini generasi emas Pamekasan memiliki pemahaman mencintai lingkungan yang bersih, sehat dan lestari," paparnya.

Dikatakan, kerusakan lingkungan yang terjadi akibat ulah tangan manusia sendiri yang tidak mampu menjaga lingkungan dengan baik sehingga bencana alam terjadi dimana-mana, seperti kekeringan, pencemaran udara, pemanasan global, abrasi, dan menurunnya derajat kesehatan masyarakat, serta berbagai kesengsaraan hidup lainnya.

"Untuk itu, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Pamekasan agar menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam pohon, melindungi tumbuhan, menjaga kebersihan, menguras sampah dengan baik, dan menghentikan perilaku merusak lingkungan demi masa depan anak cucu kita. Sebab jika lingkungan lestari, kekurangan air akan terpenuhi dengan sendirinya," tukasnya. (adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Pemkab Pamekasan Tebar 3 Ribu Benih Ikan Nila di Embung Samiran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT