Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Penetapan APBDes P 2022 Belum Rampung, Wakil Bupati Malang Minta Segera Diselesaikan Secepatnya

profile
Senopati

15 November 2022 10:20

603 dilihat
Penetapan APBDes P 2022 Belum Rampung, Wakil Bupati Malang Minta Segera Diselesaikan Secepatnya
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto saat berdialog dengan salah satu Sekretaris Desa perihal lambatnya proses penetapan APBDes P tahun 2022 di Kecamatan Dau. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, mendesak pemerintah desa segera menyelesaikan penetapan Anggaran Pendapatan Belanja Desa Perubahan (APBDes P) tahun 2022.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, menekankan hari Rabu 16 November 2022 besok, untuk penetapan APBDes P tahun 2022 harus sudah selesai.

"Saya minta hari Rabu ini sudah selesai semua, kalau lebih dari hari itu saya minta Pak Bupati Malang untuk tidak tanda tangan, dan saya tidak mau lagi ada catatan atau temuan temuan apapun, saya minta Inspektorat untuk terus memantau," tegas Wabup Malang saat ditemui awak media di Kecamatan Dau, Senin 14 November 2022.

Didik menambahkan, pihaknya berharap R APBDes tahun 2023 pada akhir bulan Desember tahun 2022 sudah selesai supaya pada bulan Januari tahun 2023 Dana Desa (DD) bisa cair.

"Kalau di Jawa Timur ini ada beberapa desa yang berada di Kabupaten dan Kota yang tepat waktu penyusunan APBDesnya, maka Kabupaten Malang harus bisa," ungkap dia.

Salah satu syaratnya, lanjut dia, harus disiplin dan kantor pelayanan di desa harus buka tepat waktu.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang itu mengaku, sering menemukan pada progres di lapangan dilaksanakan pembangunan, surat pertanggungjawabannya (SPJ)baru diselesaikan akhir tahun.

"Kenapa saya selalu sampaikan perihal ini, saya berkeinginan pekerjaaan selesai, ya diSPJkan, namun yang sering terjadi pekerjaan pembangunan rampung, SPJnya menunggu akhir tahun diselesaikan," tandas Didik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Eko Margiyanto mengatakan, sampai hari ini ada beberapa desa mengalami keterlambatan pada penetapan APBDes Perubahan.

"Memang ada beberapa desa sistem keuangan desa (Siskeudes) belum balance, sehingga perlu dikonsultasikan apa salah input atau salah apa, tapi kuncinya semuanya ada di penetapan APBDes P tahun 2022 ini," kata Eko margiyanto.

DPMD berharap penetapan APBDes P bisa masuk selesai pada hari Rabu ini, ada sekitar 60 yang masih proses penetapan APBDes P ini.

"Dari data yang masuk sampai hari Jumat kemaren, data yang masuk di kami 318 desa sudah proses salur, sisanya ada 60 desa kami berharap hari Rabu ini pengajuan APBDes P sudah masuk di DPMD, namun tiap hari data masuk selalu berubah karena update data pada jam 16.00," harap Eko

Setelah pengajuan APBDes P masuk di DPMD, pihaknya proses ke Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah baru disalurkan ke desa.

"Setelah proses salur ini, dan setelah salur ini untuk penyerapan  anggarannya tergantung desa. Agar penetapan APBDes tahun 2023 tepat waktu, saya minta teman teman Kades untuk bekerja cepat running karena tanggal 31 Desember tahun 2022 penetapan di bulan Januari tahun depan bisa dilaksanakan proses pencairan," pungkas Eko Margiyanto. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Penetapan APBDes P 2022 Belum Rampung, Wakil Bupati Malang Minta Segera Diselesaikan Secepatnya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT