Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Kejutan Operasi Prokes di Warga Lereng Argopuro Jember Demi Cegah Sebaran Covid-19

profile
Rochul

06 Januari 2022 21:31

373 dilihat
Kejutan Operasi Prokes di Warga Lereng Argopuro Jember Demi Cegah Sebaran Covid-19
Razia vaksinasi ke pengendara yang melintas di Balai Desa Jatiroto Lor, Sumberbaru

JEMBER - Warga lereng Gunung Argopuro dikejutkan dengan operasi yang tak biasa, yakni operasi protokol kesehatan Covid-19. Sasarannya tentu pertama warga yang belum tervaksin yang melintas di depan Balai Desa Jatiroto Lor, Kecamatan Sumberbaru, Jember.

Sejumlah warga pengendara kendaraan yang melintas di depan balai desa. Para warga yang melintas diminta untuk memperlihatkan bukti bila telah tervaksin dan dilakukan pengecekan. 

Bila belum tervaksin Covid-19 dosis pertama, warga tersebut akan langsung diarahkan ke Balai Desa Jatiroto Lor untuk langsung divaksin. Terlihat beberapa warga yang melintas di depan balai desa, pada Kamis (6/1/2022), terpaksa harus divaksin Covid-19 lantaran belum sama sekali tervaksin. 

Sementara beberapa warga yang telah tervaksin dosis pertama dan belum waktunya untuk vaksin dosis kedua diingatkan agar mengikuti vaksin dosis kedua. 

Tak hanya vaksinasi, sasaran lain yakni penerapan protokol kesehatan (Prokes) utamanya penggunaan masker yang standar dan benar. Beberapa warga terlihat terjaring operasi protokol kesehatan. 

Tetapi tak sedikit warga yang menolak untuk dilakukan vaksinasi. Namun TNI polri yang turut melakukan operasi ini melakukan upaya - upaya pemberian informasi dan pengertian kepada masyarakat, bahwa vaksinasi ini juga berguna bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas.

Kapolsek Sumberbaru AKP Fathur Rahman mengatakan, upaya-upaya yang dilakukan oleh petugas untuk meningkatkan vaksinasi, selain door to door mendatangi langsung kepada masyarakat di rumah-rumah masyarakat.

"Razia vaksin ini merupakan terobosan yang dilakukan oleh tim, dalam 2 jam saja sudah ada 50 warga yang kedapatan tidak divaksin dosis 1 dan langsung dilakukan vaksinasi di lokasi razia," kata Fathur. 

Ia mengakui, memang banyak yang menolak dengan alasan apapun namun pihaknya memberikan  pengertian akhirnya mereka agar paham.

"Banyak yang menolak,namun kita edukasi dan mereka mengerti.untuk titik operasi kita lakukan di depan balai Desa Jatiroto Lor dan Jalan Raya Sumberbaru," Imbuhnya.

Terpisah seorang warga Desa Jambesari Jember Saodah mengaku bersyukur bisa divaksin dosis dua tanpa jauh-jauh dari rumahnya. Sebab selama ini Saodah, telah tervaksin dosis pertama, tetapi karena adanya sejumlah kendala ia belum vaksin dosis kedua. 

"Awalnya saya kaget kok tiba - tiba ada razia gabungan, namun setelah saya didata oleh petugas akhirnya saya paham, ternyata vaksinasi. Buat saya pribadi ini adalah terobosan bagus, karena saya yang sudah dosis satu mau dosis dua harus menunggu waktu lama, kadang lokasinya jauh, sekarang saya bisa vaksin dosis dua disini," tandasnya. (ADV/Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kejutan Operasi Prokes di Warga Lereng Argopuro Jember Demi Cegah Sebaran Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT