Jumat, 03 Februari 2023
Pemerintahan

Peringati HSN 2022, Anggota DPRD Banyuwangi : Santri Harus Kuasai Teknologi

profile
Ikhwan

22 Oktober 2022 19:54

701 dilihat
Peringati HSN 2022, Anggota DPRD Banyuwangi : Santri Harus Kuasai Teknologi
Peringatan hari Santri di Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI – Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan Hari Santri Nasional (HSN). Keputusan itu tertuang dalam Kepres No. 22 Tahun 2015.

Peringatan ini untuk mengingat peran Santri, Kiai dan Pondok Pesantren yang telah berkontribusi besar dalam sejarah selama masa perjuangan kemerdekaan.

Pengakuan itu tak luput dari jasa perjuangan kalangan pesantren dan rakyat Indonesia berdasarkan fatwa Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Menyambut HSN tahun 2022 ini, Anggota DPRD Banyuwangi, Siti Mafrochatin Nikmah, ingin menjadikan momentum ini untuk menghidupkan kembali etos moral yang sederhana dan spiritualisme yang melekat pada karakter santri.

"Bahwa santri hari ini juga memiliki peran dalam menjaga moral bangsa. Oleh karena itu penting bagi santri dalam meningkatkan kemampuan tidak sekedar penguatan masalah agama," kata Nikmah. Sabtu (22/10/2022).

Artinya, lanjut Nikmah, di era moderen ini para santri wajib menguasai teknologi. Tentu manfaatnya adalah sebagai media dakwah dan sarana menyebarkan kebaikan. 

"Agama ini wajib, 24 jam dipakai. Tapi bagaimana melaksanakan dalam kehidupan sehari hari, dan meningkatkan kemampuan teknologi. Karena hari ini, mau tidak mau kita menghadapi era global, yang tidak lepas dari teknologi dan informasi," sambungnya.

Dengan melihat perkembangan zaman saat ini, karakter anak bangsa harus dikuatkan dengan berbagai kegiatan, khusus mendekatkan pada pendidikan agama.

Bahkan, lanjut Nikmah, peran santri tidak hanya sampai di situ namun juga memiliki peran dalam mendorong pembangunan baik daerah maupun skala Nasional.

"Dimana santri menjadi salah-satu komponen penting dalam memajukan perekonomian bangsa dan mengisi pembangunan ekonomi," paparnya.

Politisi PKB ini juga tidak lupa mengucapkan selamat Hari Santri Nasional 2022. "Semoga santri ke depan yang saat ini menuntut ilmu, mudah-mudahan ilmunya bermanfaat, barokah dunia akhirat," tandasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peringati HSN 2022, Anggota DPRD Banyuwangi : Santri Harus Kuasai Teknologi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT