Jumat, 03 Februari 2023
Pemerintahan

Perubahan Simda ke SIPD, Ribuan ASN Pemkot Batu Terlambat Gajian

profile
Arkana

06 Januari 2023 21:13

286 dilihat
Perubahan Simda ke SIPD, Ribuan ASN Pemkot Batu Terlambat Gajian
Ilustrasi ASN Pemkot Batu. (Foto: SJP)

KOTA BATU - Sistem Informasi Manajemen Daerah (Simda) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), berubah menggunakan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) dari Kementrian Dalam Negeri. Dampak dari kekebijakan tersebut, setidaknya 3.058 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Batu mengalami terlambat menerima pencarian gaji pada Januari 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu, Onny Ardianto mengatakan, ada perubahan dalam pencairan anggaran setelah perubahan sistem, sehingga butuh waktu.

"Butuh penyesuaian sistem juga aturan pendukung untuk pencarian melalui sistem terbaru ini. Bukan hanya penginstalan aplikasi saja, tetapi SDM harus mendukung," Ungkap Onny

Onny juga menegaskan, akan diupayakan secepatnya untuk gaji yang belum terbayarkan, meski BKAD sudah menjalankan sistem terbaru.

Pihaknya menjabarkan, dibutuhkan waktu untuk penyesuaian proses pengajuan SPP (Surat Perintah Pembayaran), SPM (Surat Perintah Membayar) pada aplikasi SIPD, termasuk salah satunya perlu ada pembaharuan NPWP Sekretariat.

Sementara itu, salah satu ASN Pemkot Batu mengaku memaklumi dengan adanya perubahan sistem baru ini.

"Hal ini wajar terjadi, namun bagi kami yang memiliki tabungan mungkin gak begitu keberatan, namun bagi teman teman yang membutuhkan ini sangat berdampak," Tambahnya 

Mengingat kondisi seperti ini ia mengimbau agar teman teman ASN agar lebih bersabar dan memaklumi. (Syaiful Islam)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Perubahan Simda ke SIPD, Ribuan ASN Pemkot Batu Terlambat Gajian

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT