Selasa, 24 Mei 2022
Pemerintahan

PMK Serang Sapi di 4 Kecamatan, Ini yang.Dilakukan.Pemkab Lumajang

profile
Achmad

11 Mei 2022 20:04

344 dilihat
PMK Serang Sapi di 4 Kecamatan, Ini yang.Dilakukan.Pemkab Lumajang
Bupati saat mengikut rakor di Grahadi.

LUMAJANG - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi ditemukan di empat kecamatan Kabupaten Lumajang, yaitu Kecamatan Pasirian, Kunir, Senduro dan Klakah.

Hal ini berdasarkan hasil laporan Petugas Puskeswan setempat, yang menyebutkan PMK telah menjangkiti sejumlah hewan ternak sapi di Kabupaten Lumajang ini kian mengkhawatirkan para peternak. 

"Kalau di Lumajang ada indikasi di  empat kecamatan tersebut," kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat mengikuti Rapat Koordinasi terkait PMK Hewan bersama Menteri Pertanian RI dan Gubernur Jawa Timur, bertempat di Gedung Negara Grahadi Surabaya, beberapa waktu yang lalu.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan melakukan screening terhadap sapi milik peternak yang ada di Kabupaten Lumajang, dan sapi yang akan masuk ke Kabupaten Lumajang.

Menurutnya, hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi sapi sekaligus mencegah penularan PMK. 

"Langkah kami antara lain screening sapi. Itu juga untuk keperluan pasar hewan," ujar dia.

Selain itu, disampaikan politisi PKB ini, jual beli sapi di pasar hewan sangat berpotensi menyebarkan PMK, karena penjual sapi tidak hanya berasal dari Kabupaten Lumajang melainkan dari beberapa daerah sekitar.

Selain screening, penanganan juga dilakukan dengan pemberian obat-obatan sembari menunggu vaksin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Dari hasil pemeriksaan terhadap 231 ekor sapi di empat kecamatan yaitu Pasirian, Kunir, Senduro dan Klakah, dan ditemukan 124 ekor sapi yang terserang PMK.

Editor: Noordin.Djihad

Tags
Anda Sedang Membaca:

PMK Serang Sapi di 4 Kecamatan, Ini yang.Dilakukan.Pemkab Lumajang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT