Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Produk Olahan Sarden Banyuwangi Tembus Pasar Australia

profile
Ikhwan

22 November 2022 22:39

510 dilihat
Produk Olahan Sarden Banyuwangi Tembus Pasar Australia
Pelepasan produk olahan sarden Banyuwangi ke Australia, ditandai dengan pemecahan kendi. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – Terletak di Ujung Timur Pulau Jawa, membawa berkah tersendiri bagi Kabupaten Banyuwangi. Selain dianugerahi wilayah yang luas dan subur, Banyuwangi juga memiliki potensi luar biasa dari bentang laut yang dimiliki.

Salah satu produk unggulannya adalah Ikan Sarden. Rupanya, olahan sarden dari Muncar, Banyuwangi mulai dilirik pasar Internasional. 

Perusahaan yanh memulai memulai melebarkan sayap ke kancah Internasional yakni Pasific Harvest di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar Banyuwangi.

Perusahan ini perdana melakukan ekspor olahan sarden ke Negeri Kangguru Australia. Ada tiga truk kontainer ukuran 20 feet yang diberangkatkan pada ekspor perdana ini. Total nilai ekspor mencapai US $2,7 juta.

Pemberangkatan ekspor sarden ini dihadiri langsung oleh ditandai Zulkifli Hasan dan Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah.  

“Total ada tiga kontainer yang diberangkatkan," kata Zulkifli Hasan usai melepas keberangkatan ekspor, Selasa (22/11/2022).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini menyebut Indonesia khususnya Banyuwangi memiliki kekayaan laut yang luar biasa. 

Perusahaan Pasific Harvest berada pada posisi yang sangat strategis. Ikan sarden sebagai lauk umum di makan setiap hari oleh masyarakat Sehingga pola konsumsinya bersifat berkelanjutan. 

"Pasar potensialnya ada Afrika, Timur Tengah, Tiongkok, India. Ekspor semacam ini menghasilkan dolar, maka kita surplus perdagangannya, ekonomi kita tumbuh. Peran perusahaan ini untuk menjaga pertumbuhan surplus perdagangan itu besar sekali," ujarnya.

Sebagai menteri perdagangan, pihaknya sangat mendukung Pacific Harvest untuk terus berkembang dan bertumbuh menjadi korporasi yang besar. 

Dengan semakin besarnya perusahaan, otomatis akan berefek domino baik bagi ekonomi maupun serapan tenaga kerja.

"Memenuhi pasar dalam negeri juga ekspor menghasilkan dolar, mengakibatkan pertumbuhan ekonomi. Jadi perusahan ini sangat strategis oleh karen itu kita dukung," pungkasnya.

Pemilik Perusahaan Pasific Harvest, Aminoto, mengatakan, perusahaannya memiliki pasar sebanyak 70 negara di dunia. 

"Australia merupakan Negara yang memiliki potensi besar untuk pasar produk sarden ini. Nilai ekspornya US $2,7 juta," tegasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Produk Olahan Sarden Banyuwangi Tembus Pasar Australia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT