Selasa, 24 Mei 2022
Pemerintahan

Puluhan Handpone Hasil Sitaan Lapas Banyuwangi Dibakar

profile
Ikhwan

31 Maret 2022 12:15

4k dilihat
Puluhan Handpone Hasil Sitaan Lapas Banyuwangi Dibakar

BANYUWANGI – Puluhan handphone hasil penyitaan dari warga binaan lapas kelas IIA Banyuwangi dimusnahkan. Handphone dimusnahkan dengan cara dibakar.

Pemusnahan tersebut menjadi bagian dari penegakan zero halinar (Handphone, pungli dan Narkoba) di dalam lapas setempat.

Pemusnahan dilakukan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo bersama jajaran petugas Lapas kelas IIA Banyuwangi, berlangsung di depan Aula Sahardjo, Rabu (30/3/2022).

Kadivpas Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo mengapresiasi upaya Lapas Banyuwangi dalam mewujudkan Zero Halinar. Pemusnahan ini menjadi bukti ketegasan dan kedisiplinan lapas dalam menegakkan aturan.

"Saya apresiasi upaya yang telah dilakukan oleh seluruh petugas dalam memberantas peredaran handphone di dalam Lapas, tetapi tetap harus ditingkatkan lebih baik lagi," kata Teguh.

Kepala Lapas Banyuwangi Wahyu Indarto dalam pemusnahan itu sedikitnya ada 35 unit handphone yang dibakar. 

Handphone didapat dari hasil penggeledahan di kamar hunian terhitung dalam kurun waktu 7 bulan terakhir.

"Handphone tersebut kami sita dari warga binaan pada saat dilakukan penggeledahan rutin ke kamar-kamar hunian, dan dari hasil kontrol keliling yang setiap saat dilakukan oleh anggota regu pengamanan," kata Wahyu.

Wahyu menyebut bila hukuman bagi warga binaan yang kedapatan menyelundupkan dan menggunakan handphone tidak main-main. Tidak ada toleransi bagi warga binaan yang melakukan penyalahgunaan handphone.

"Tentu kami akan berikan sanksi yang tegas, mulai dari ditempatkan di sel pengamanan, dicatat dalam register F, bahkan ada yang kami pindahkan ke Lapas lain,"tegasnya.

Untuk akses komunikasi, kata dia, Lapas telah menyediakan telepon umum yang digunakan oleh warga binaan. 

"Kami telah sediakan fasilitas warung telepon, ada yang GSM ada juga yang berbasis video call, dengan harapan tidak ada lagi warga binaan yang menyalahgunakan handphone didalam kamar hunian," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Puluhan Handpone Hasil Sitaan Lapas Banyuwangi Dibakar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT