Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Ragam Inovasi Pemkab Banyuwangi Wujudkan Misi UMKM Naik Kelas

profile
Ikhwan

11 November 2022 17:24

486 dilihat
Ragam Inovasi Pemkab Banyuwangi Wujudkan Misi UMKM Naik Kelas
UMKM Banyuwangi menyambut G-20

BANYUWANGI - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi meningkatkan pelayanan untuk memudahkan pelaku usaha dan perkoperasian di wilayah setempat.

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas UMKM selaras dengan visi Pemkab yakni UMKM Naik Kelas

"Menyambut  G20 kita optimalkan inovasi untuk UMKM. Disaat negara maju menggelar kegiatan di Indonesia, kita di daerah menyongsong kegiatan itu dengan menebar berbagai inovasi," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jumat (11/11/2022). 

Berbagai inovasi yang dilakukan diantaranya Teman Usaha Rakyat (TUR); Warung Naik Kelas (Wenak); Program Gratis Ongkir Banyuwangi (Progo Wangi); Gerobak Promosi UMKM Banyuwangi (GoPro Wangi); Banyuwangi Mall Rebound; Layanan Konsultasi Koperasi Banyuwangi (Laktasi Wangi); dan E-Tera/Tera Ulang Sistem Informasi Banyuwangi (Terasi Wangi).

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan RR. Nanin Oktaviantie menyebutkan berbagai inovasi akan terus dimaksimalkan bersama jajarannya. Mengambil momentum G20 di Bali, Banyuwangi terus menggeber inovasi untuk UMKM. 

"Ada banyak inovasi, ada Teman Usaha Rakyat bisa dikatakan program pendampingan kepada UMKM dimana materi yang diberikan diantaranya business model canvas, landing page dan google business, copywriting, strategi marketplace, desain, dan manajemen media sosial," ujar Nanin kepada wartawan. 

Nanin menjelaskan, ada pula program inovasi Wenak. Inovasi ini merupakan program yang memfasilitasi warung-warung rakyat untuk naik kelas dengan peralatan yang lebih memadai sesuai kebutuhan pemilik warung, melalui dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi.

Warung Naik Kelas, imbuh Nanin, bertujuan untuk mendorong pemulihan ekonomi rakyat di masa pandemi COVID-19 dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pengusaha ultra mikro.

Progo Wangi fasilitasi subsidi ongkir kepada UMKM dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi yang bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia Regional Jawa Timur.

"Setiap UMKM nantinya akan mendapatkan subsidi ongkos kirim Rp.300.000, bisa digunakan secara penuh atau bisa bertahap dalam setiap

pengiriman produk UMKM. Supaya produk UMKM kita dapat bersaing dengan harga pada umumnya tanpa terbebani penambahan ongkos kirim," pesannya.

Adapun GoPro Wangi Fasilitasi gerobak untuk display dan promosi produk-produk UMKM Banyuwangi pada kegiatan pameran UMKM. Dan sebuah sistem informasi yang menampilkan produk-produk unggulan UMKM Banyuwangi yang terkoneksi dengan berbagai marketplace di Indonesia dalam kemasan Banyuwangi Mall Rebound.

"Ini semua bentuk ikhtiar dalam meningkatkan power produk lokal Banyuwangi lebih berdayasaing di pasar digital seluruh dunia," ujar Nanin menutup keterangannya

Hal yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas (Sekdin) Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Supriyadi. Dia menambahkan berbagai inovasi yang ada akan terus ditingkatkan.

Terdapat pula apilikasi berbasis IT yang mengelola informasi tentang koperasi dan memfasilitasi konsultasi anggota terkait dengan perkoperasian. Untuk layanan data koperasi berupa sistem informasi atau website berbasis web dan online, sehingga mempermudah pengguna dalam mengakses dan mengoperasikannya.

"Program inovasi tersebut disebut dengan Laktasi Wangi yang dikerjakan melalui bidang koperasi," terang Supriyadi.

Kemudian yang terakhir masih terdapat inovasi yang mempermudah pemilik alat UTTP untuk membuat surat permohonan, mengetahui jadwal pasti kapan dilaksanakan kegiatan tera dan bisa mencetak langsung sertifikat copy.

"Inovasi ini dikerjakan oleh jajaran di Bidang Perdagangan dengan kemasan judul 'Terasi Wangi' alias E-Tera/Tera Ulang Sistem Informasi Banyuwangi," tutup Supriyadi. 

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ragam Inovasi Pemkab Banyuwangi Wujudkan Misi UMKM Naik Kelas

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT