Minggu, 22 Mei 2022
Pemerintahan

Rumah Restorative Justice Diresmikan, Bupati Malang Harapkan Adanya Manfaat ke Masyarakat

profile
Senopati

23 Maret 2022 21:13

728 dilihat
Rumah Restorative Justice Diresmikan, Bupati Malang Harapkan Adanya Manfaat ke Masyarakat
Jajaran Forkopimda Malang saat berada di rumah Restorative justice

MALANG - Keberadaan Rumah Restorative Justice (RRJ) menjadi tempat penyelesaian permasalahan hukum di masyarakat dalam penyelesaian perkara di luar pengadilan yang bisa membawa membawa manfaat pada semua masyarakat  dalam menyelesaikan suatu permasalahan hukum tanpa harus menempuh jalur hukum.

Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Mia Amiati mengatakan, Rumah Restorative Justice merupakan manivestasi Kejaksaan dan implementasi pembangunan jangka menengah tahun 2022 sampai tahun 2024, "Nantinya mengarah pada kebijakan dan strategi dalam penegakan hukum nasional yang ditujukan insan hukum pidana maupun hukum perdata, dan yang paling penting RRJ bisa memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Mia Amiati saat meresmikam Rumah Restorative Justice di Desa Panggungrejo Kepanjen, Rabu (23/3/2022).

Mia melanjutkan, di Kabupaten Malang saat ini diresmikan RRJ di dua desa, yaitu Desa Panggungrejo Kecamatan Kepanjen dan Desa Bululawang Kecamatan Bululawang, saat ini sudah ada 13 RRJ yang ada di wilayah Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

"Sudah ada RRJ sebanyak 13 yang tersebar di seluruh wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, untuk di Kabupaten Malang baru terbentuk 2 RRJ di Desa Panggungrejo Kepanjen dan Desa Bululawang Kecamatan Bululawang," terang wanita yang baru sebulan menjabat Kajati Jatim.

"Keberadaan RRJ ini adalah alternatif penyelesaian perkara di luar Pengadilan, "Dan hari ini hadir diantara kita seorang yang mendapat fasilitas RJ karena tersangkut masalah hukum, namun pelaku baru pertama kali melakukan tindak pidana dan hasil dari tindak pidana tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan anaknya yang akan mengikuti sekolah secara daring, antara korban dan pelaku sudah ada kesepakatan serta kerugian materi tidak lebih 2,5 juta, jadi keberadaan RJ bisa menjadi jembatan mendamaikan ke dua belah pihak," terang Mia (panggilan akrabnya).

Sementara itu, Bupati Malang H.M Sanusi mengucapkan selamat atas peresmian RRJ yang berada di Kabupaten Malang semoga memberikan manfaat dan keadilan pada masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, saya ucapkan selamat atas perwsmian RRJ di Kabupaten Malang yang berada di wilayah Kecamatan Kepanjen dan Kecamatan Bululawang, semoga keberadaan RRJ ini memberikan manfaat bagi keadilan masyarakat di Kabupaten Malang. Keberadaan RRJ bisa menjadi mediasi penyelesaian masalah hukum baik pihak korban maupun pelaku dengan tetap berkeadilan pada semua pihak," ucap Abah Sanusi.

Pemkab Malang akan terus bersinergi dengan Forkompimda terutama penyelesaian permasalahan hukum berkolaborasi dalam problematika kehidupan dalam memajukan daerah dan masyarakat Kabupaten Malang.

"Kami akan selalu bersinergi dengan Forkompimda terutama dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang yang sekarang dipimpin Ibu Dyah Yuliastuti dalam penyelesaian permasalahan hukum dan berkolaborasi dalam memajukan daerah dan masyarakat Kabupaten Malang," pungkas Bupati Malang Malang H.M Sanusi.

Hadir pada acara peresmian RRJ, Kapolres Malang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang, Ketua Pengafilan Negeri, Komandan Distrik Militer 0818 Kabupaten Malang dan Batu dan Ketua DPRD Kabupaten Malang. (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Rumah Restorative Justice Diresmikan, Bupati Malang Harapkan Adanya Manfaat ke Masyarakat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT