Selasa, 24 Mei 2022
Pemerintahan

Sebanyak Rp 1,7 M Disiapkan untuk Rekonstruksi Jembatan Rambigundam Jember Usai Diterjang Banjir

profile
Rochul

26 Maret 2022 23:37

61 dilihat
Sebanyak Rp 1,7 M Disiapkan untuk Rekonstruksi Jembatan Rambigundam Jember Usai Diterjang Banjir
Bupati Jember saat kegiatan J-Hur di kecamatan Rambipuji.

JEMBER - Sebanyak Rp 1,7 miliaf dialokasikan untuk biaya rekonstruksi jembatan yang ada di Desa Rambigundam, Kecamatan Rambipuji, Jember. Jembatan ini direnovasi ulang pasca banjir bandang pada 2021 lalu. 

Bupati Jember Hendy Siswanto berkunjung ke lokasi untuk melihat langsung proses pembangunan jembatan itu. 

"Sementara jembatan belum selesai, warga yang mau ke Desa Gugut terpaksa memutar jalan sejauh 6 kilometer. Semoga cepat selesai, karena kasihan warga kalau masih belum selesai jembatannya," kata Hendy, Sabtu,(26/3/2022).

Jembatan tersebut sebelumnya mengalami kerusakan parah di bagian pondasi karena diterjang banjir tahun 2021 lalu. Sehingga, jembatan tidak dapat dilalui kendaraan yang akibat dari itu mengisolasi akses menuju ke Desa Gugut, Kecamatan Panti. 

Hendy menjelaskan, jembatan yang baru kelak ukurannya lebih besar dan juga lebih kuat menahan beban dibandingkan jembatan lama. 

"Nanti lebar jembatan 6 meter dengan panjang bentangan 24 meter. Bentangan jembatan dari beton pabrikan yang dipasang setelah pengecoran pondasi selesai lebih dari 14 hari. Supaya beton pondasi benar-benar kuat," urainya. 

Kurnia Widiastuti selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) mengatakan, terus memantau kinerja pihak penggarap jembatan, yaitu CV Keano. Hasil pengawasannya mendapati progres kontruksi mencapai 53 persen. 

"Pengerjaan masih berlangsung 13 minggu dari kontrak berdurasi 24 minggu. Pondasi lapis pertama di dua sisi baru dicor. Setelah ini pengecoran pondasi lapis kedua. Terakhir pasang beton bentangan," papar Kurnia. 

Direktur CV Keano Luki Faisal menjamin, jika jembatan selesai akan mampu menahan beban kendaraan yang melintas hingga bobot 10 ton. Sedangkan, daya tahan atau usia jembatan dapat dipakai sampai 58 tahun. 

Namun, dia mengakui saat mulai pengerjaan jembatan mengalami sejumlah kendala di lokasi. Sebab, kedua sisi jembatan berhimpitan langsung dengan bangunan milik warga. 

"Kendalanya awal pembersihan material lama. Selain itu ada sedikit keterlambatan bahan-bahan yang kami harus beli dari pihak luar. Seringkali, kami menunggu giliran dikirim karena banyak rekanan lain yang juga memesan bahan serupa," sebut Luki. 

Kendati demikian, Luki yakin dapat menyelesaikan rekonstruksi jembatan sebelum jatuh tempo batas akhir kontrak tanggal 21 Mei 2022 mendatang. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sebanyak Rp 1,7 M Disiapkan untuk Rekonstruksi Jembatan Rambigundam Jember Usai Diterjang Banjir

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT