Rabu, 30 November 2022
Pemerintahan

Semarak Agustusan di Situbondo, Warga Antusias Ikut Lomba Permainan Tradisional

profile
Sarwo

24 Agustus 2022 20:38

663 dilihat
Semarak Agustusan di Situbondo, Warga Antusias Ikut Lomba Permainan Tradisional
Emak emak saat mengikuti lomba estafet air (Sarwo/SJP). 

SITUBONDO - Semarak Agustusan dalam memeriahkan HUT RI ke- 77, Pemerintah Desa (Pemdes) Mojosari, Kecamatan Asembagus, Situbondo gelar berbagai lomba permainan tradisional yang diikuti oleh warga desa setempat.

Dari beberapa lomba diantaranya, ada dua lomba permainan tradisional yang menarik perhatian masyarakat, yaitu lomba gebuk bantal diatas sungai irigasi sampeyan lama dan lomba estafet air dari ember ke ember yang dilakukan warga peserta lomba dalam satu tim yang beranggotakan 5 orang, dengan menggunakan wadah yang sudah disiapkan panitia.

Lomba gebuk bantal dilakukan peserta satu lawan satu diatas satu batang bambu yang melintang diatas aliran sungai. Apabila salah satu peserta jatuh saat terkena pukulan (gebukan) bantal, dinyatakan kalah, pemenangnya peserta yang tetap bertahan diatas bambu tersebut.

Untuk lomba estafet air yang diikuti kaum emak emak itu, dalam satu tim terdiri dari lima orang yang duduk berbaris dengan menggunakan wadah, peserta paling depan mengambil air dari ember yang berada didepannya, kemudian air dituang ke peserta dibelakangnya dari atas kepala tanpa harus melihat kebelakang. Pemenang lomba ditentukan dengan kecepatan saat memindah air dari ember ke ember, juga volume (tinggi)air terbanyak didalam ember terakhir.

Kepala Desa Mojosari, Syamsiyadi mengatakan, lomba tradisional dalam rangka memeriahkan HUT ke- 77 RI ini, merupakan tradisi tahunan. Namun karena dimasa pandemi Covid 19, lomba tradisional ini sudah dua kali ditiadakan.

"Lomba tradisional ini digelar kembali, karena keinginan warga bersama pemdes untuk memeriahkan HUT RI ke 77. Sebab dua tahun kemarin, tidak ada giat lomba apapun karena dalam masa pandemi,"tutur Syamsiyadi, Kades Mojosari, Rabu (24/8/2022) siang.

Syamsiyadi berharap, dengan kegiatan lomba tradisional itu bisa menguatkan dan memupuk rasa nasionalisme, khususnya warga Desa Mojosari, sehingga selalu kompak dalam setiap kegiatan apa saja yang diselenggarakan pemdes.

"Tujuan utamanya, kita ingin meningkatkan persatuan antar warga, sehingga kegiatan yang sifatnya hiburan sangat diperlukan. Terbukti dalam kegiatan lomba kali ini antusias warga sangat tinggi, baik itu anak anak, pemuda hingga orang tua ikut serta mengikuti lomba tersebut," ucapnya.

Untuk peserta pemenang dalam giat lomba tradisional ini, mendapat hadiah menarik dari pemdes setempat. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Semarak Agustusan di Situbondo, Warga Antusias Ikut Lomba Permainan Tradisional

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT