Kamis, 30 Juni 2022
Pemerintahan

Siap Bangun RS Jantung, Pemkab Malang Dapat Anggaran DBHCHT 81 M

profile
Senopati

17 Mei 2022 18:29

415 dilihat
Siap Bangun RS Jantung, Pemkab Malang Dapat Anggaran DBHCHT 81 M
Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Malang, Tommie Herawanto. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Untuk mempermudah penanganan penyakit jantung di Kabupaten Malang, tahun 2022 ini Pemkab Malang direncanakan akan membangun Rumah Sakit Jantung.

Bangunan tersebut direncanakan berada di kawasan Rumah Sakit Umum Kanjuruhan memakai anggaran dari Dana Bagi hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Pada tahun 2022 ini Pemerintah Kabupaten Malang akan mendapatakan dana DBHCHT sebesar kurang lebih 80 milyar dari Kementrian Keuangan RI yang 40 persennya akan dipakai pada bidang kesehatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Tomie Herawanto mengatakan, pada tahun 2022 sesuai Peraturan Menteri Keuangan RI penggunaan anggaran DBHCHT harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

"Kalau dulu Dinas Kominfo cukup besar untuk penggunaan anggaran Cukainya, namun tahun ini dikurangi cukup signifikan, dan diarahkan untuk penguatan masyarakat terdampak yang berkaitan dengan cukai tembakau atau rokok," kata Tommie Herawanto saat ditemui awak media di Pendopo Kepanjen, Selasa (17/5/2022).

Tommie menambahkan, Pemkab Malang minta persetujuan dari Pemerintah Provinsi Jatim, maupun dari Pemerintah Pusat terkait alokasi penggunaan DBHCHT fasilitas kesehatan.

Direncanakan akan mendirikan Rumah Sakit Khusus Jantung yang anggarannya 40 persen dari dana DBHCHT yang diterima Pemkab Malang tahun 2022.

"Rencananya Pemkab Malang akan mewujudkan membangun RS Jantung yang rencananya akan menempati lahan yang berada di wilayah RSUD Kanjuruhan dengan anggaran 40 persen dari jumlah total penerimaan DBHCHT." beber Tommie.

Saat didesak awak media terkait rincian penerimaan total dana DBHCHT per Organisasi Perangkat Daerah, Tommie minta awak media menanyakan langsung ke Bagian Sumber Daya Alam.

"Saya minta teman-teman untuk mengecek ke Bagian SDA, ke Pak Wahyudin untuk mengetahui komposisi penerimaan per dinas, namun untuk RS Jantung, kami yang meminta khusus," jelasnya.

Sementara itu, Wahyudin Kepala Bagian SDA saat ditemui awak media bulan kemaren mengatakan secara singkat untuk menanyakan langsung perihal DBHCHT ke Sekretaris Daerah.

"Langsung saja tanya Pak Sekda saja mas terkait DBHCHT," jawab Wahyudin singkat.

Sampai berita naik, Wahyu Hidayat Sekretaris Daerah Kabupaten Malang saat akan dimintai keterangannya terkait DBHCHT di kantornya sulit ditemu, bahkan para jurnalis sudah memberitahukan lewat ajudannya tidak ada konfirmasi kembali bersedia atau tidak.

Dari Laman Kementrian Keuangan RI, pada tahun 2022 ini Pemkab Malang akan mendapatkan dana segar dari DBHCHT sebesar Rp 81,613.593.000,. (nes)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Siap Bangun RS Jantung, Pemkab Malang Dapat Anggaran DBHCHT 81 M

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT