Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Banyuwangi, Dukung Kesejahteraan Bagi Nelayan

profile
Ikhwan

22 November 2022 13:35

514 dilihat
Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Banyuwangi, Dukung Kesejahteraan Bagi Nelayan
Perwakilan BPJS Ketenagakerjaan bersama Pemkab Banyuwangi. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – BPJS Ketenagakerjaan bersinergi dengan Dinas Perikanan, dalam pagelaran Festival Nelayan Tangguh yang diadakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Dengan tema Nelayan Tangguh, mengangkat potensi perikanan serta beragam program peningkatan sektor perikanan digeber secara menarik di Pantai Grand Watu Dodol (GWD), Banyuwangi, Selasa (21/11/2022). 

Berbagai potensi perikanan, budidaya perairan, produk olahan, hingga kreativitas para nelayan ditampilkan dalam ajang tersebut.

Seperti upaya konservasi terumbu karang, pengelolaan sampah pesisir, dan masih banyak lainnya. 

"Festival ini adalah bentuk apresiasi Pemkab untuk para nelayan yang telah berkontribusi besar terhadap perekonomian dan pembangunan Banyuwangi. Sekaligus menjadi ajang promosi untuk memasarkan potensi perikanan Banyuwangi," kata Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani yang hadir secara virtual dalam kegiatan tersebut. 

Dengan panjang garis pantai yang mencapai 175,8 km, Pemkab Banyuwangi terus melakukan intervensi program untuk optimalisasi sektor perikanan baik dari sisi SDM hingga penguatan ekonominya.

Dimulai dari melakukan konservasi ekosistem laut, pengembangan pariwisata, hingga membantu perekonomian daerah. 

Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Alief Rachman Kartiono menjelaskan, rangkaian kegiatan ini digelar sejak beberapa bulan lalu.

Adapun rangkaian kegiatannya meliputi, lomba video kreatif Kelompok Usaha Bersama (KUB), camp nelayan, dan out bond antar KUB, kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas), kelompok budidaya perikanan dan (Pokdakan).

Ada juga pameran potensi perikanan tangkap, pameran potensi budidaya air tawar dan payau, pameran dan bazar produk olahan perikanan, dan masih banyak lainnya. 

"Pemkab bekerja sama dengan banyak pihak untuk mendorong kesejahteraan SDM nelayan daerah. Di antaranya BPJamsostek, Aruna serta BMKG. Kita juga didukung Food Agriculture Organization (FAO) dari PBB yang mendampingi ibu-ibu nelayan membuat berbagai produk olahan ikan," kata Alief.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala BPJamsostek Banyuwangi, Eneng Siti Hasanah turut hadir memberikan simbolis kepesertaan kepada salah satu nelayan dibawah naungan Dinas Perikanan didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Alief Rachman Kartiono.

“Sejumlah 1342 nelayan Banyuwangi kami berikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang dimana program tersebut di danai dari APBD Dinas Perikanan Pemkab Banyuwangi. Para nelayan berhak mendapatkan perlindungan karena resiko melaut tidak dapat diperkirakan mengingat bulan – bulan sekarang ini sudah masuk musim penghujan yang mana resiko melaut dari keberangkatan sampai kepulangan sangat diperlukan”, kata Kepala BPJamsostek Banyuwangi Eneng Siti Hasanah.

Program BPJamsostek yang diberikan kepada para nelayan yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Program Jaminan Kematian (JKM).

"Kami harap dengan tagline terbaru kami 'Kerja Keras Bebas Cemas' bagi para pekerja sektor informal atau segmentasi Bukan Penerimah Upah (BPU), perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk para nelayan tidak perlu khawatir dalam melakukan aktivitas melaut serta keluarga dirumah pun dapat menanti dengan tenang," tutup Eneng. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Banyuwangi, Dukung Kesejahteraan Bagi Nelayan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT