Kamis, 09 Februari 2023
Pemerintahan

Sosialisasi Desa Anti Korupsi Dalam Rangka Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia

profile
Arkana

06 Desember 2022 14:00

278 dilihat
Sosialisasi Desa Anti Korupsi Dalam Rangka Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia
Program desa anti korupsi di Kota Batu. (SJP)

KOTA BATU – Sosialisasi Desa Anti Korupsi dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) dihadiri seluruh Kepala Desa se-Kota Batu, di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani Kota Batu, Selasa (6/12/2022).

Kepala Inspektorat Kota Batu, Sugeng Mulyono, selain membuka acara ia juga menjelaskan hasil survei Indonesian Corruption Watch (ICW).

Disampaikan dia, kasus penindakan korupsi oleh aparat penegak hukum (APH) paling banyak di sektor anggaran Daba Desa, sebanyak kasus 154 pada tahun 2021, dengan taksiran kerugian negara mencapai Rp 233 miliar.

Pada tahun 2015 cenderung peningkatan kasus korupsi Dana Desa, yang berjumlah 17 kasus dengan kerugian sebesar Rp 40,1 miliar.

Pihaknya berharap kerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) beserta masyarakat untuk mengawasi penggunaan dana desa.

"Kaloborasi pemerintah desa, BPD dan masyarakat bersama inspektorat sangat penting dalam mencegah korupsi, mari bersama sama bersinergi untuk mencegah korupsi," Ungkapnya 

Mengingat kondisi ini menjadi temuan ICW terkait temuan lembaga negara yang paling banyak terjerat kasus korupsi, ICW juga mengungkapkan bahwa pemerintah desa adalah lembaga dengan kasus korupsi yang banyak ditangani oleh APH tahun lalu.

Acara sosialisasi ini juga di isi materi oleh Kanit Pidkor Polres Kota Batu, AIPDA Yudik Priyo Utomo, dan Koes Hartanto, Jafling Bidang Intelejen Kejari Kota Batu. 

"Mari kita bangun pemerintah yang jujur dan berintegritas serta menjadi pemerintahan desa anti korupsi," Tutupnya.  (Syaiful Islam)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sosialisasi Desa Anti Korupsi Dalam Rangka Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT