Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Tahun 2022, Wabup Malang Selalu Berupaya Meningkatkan Pelayanan Publik

profile
Senopati

22 Juli 2022 08:06

430 dilihat
Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Tahun 2022, Wabup Malang Selalu Berupaya Meningkatkan Pelayanan Publik
Wakil Bupati Malang. Didik Gatot Subroto saat memberikan sambutan pada sosialisasi penilaian kepatuhan tahun 2022. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Dalam upaya meningkatkan pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Malang yang didalamnya pemenuhan kebutuhan pelayanan tersebut atas barang dan jasa atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto saat sosialisasi penilaian kepatuhan tahun 2022 di pendopo Agung Pringgitan Kabupaten Malang, Kamis kemarin 21 Juli 2022.

Wabup Malang mengapresiasi terhadap pelaksanaan sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan.

"Kita harus  pahami bersama, bahwa pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik," kata dia.

Sehingga, lanjut Didik, upaya-upaya peningkatan pelayanan publik harus selalu dilakukan oleh Pemerintah Daerah sebagai penyelenggara.

Pria yang pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Malang ini menambahkan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Malang Tahun 2021-2026, kebijakan pembangunan pada tahun pertama adalah pemulihan ekonomi dan penataan pelayanan publik.

Melalui reformasi birokrasi, sebagai upaya pemerintah untuk mencapai good governance. Hal tersebut menjadi bukti bahwa pelayanan publik menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Malang sehingga penyelenggaraannya menunjukkan hasil yang baik. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik. Berdasarkan hasil evaluasi tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Malang memperoleh nilai rata-rata 4,07 dengan predikat Sangat Baik.

“Prestasi dan penghargaan tersebut bukanlah tujuan utama, namun menjadi salah satu bentuk pengakuan atas penyelenggaraan pelayanan publik di Kabupaten Malang. Mudah-mudahan pencapaian tersebut dapat lebih meningkatkan semangat dan menumbuhkan etos kerja dalam memberikan pelayanan yang optimal sehingga dampaknya dapat benar-benar dinikmati oleh masyarakat,” beber Wabup Malang.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Agus Muttaqin menerangkan kegiatan ini sebagai amanat Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Peningkatan kualitas, menjadi kewajiban bagi pemerintah daerah sebagai penyelenggara layanan publik. 

"Peningkatan kualitas meliputi sarana dan prasarana pelayanan, termasuk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi maupun media lain kekinian, sehingga mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan," terang Agus Muttaqim.

Peningkatan pelayanan publik termasuk penyediaan informasi layanan publik. Penyediaan informasi tentang layanan publik akan mempercepat proses administrasi maupun perizinan lainnya.

Informasi yang disediakan mencakup persyaratan perizinan, lama waktu pengurusan, hingga biaya yang dibebankan. Tujuannya, agar meminimalkan terjadinya mal administrasi.

"Sebagai penyelenggara layanan publik perlu dilakukan pendataan terkait informasi dan jenis pelayanan publik yang dilayani masing-masing OPD," pungkas Kepala Ombudsman perwakilan Jawa Timur.

Ombudsman RI melaksanakan Penilaian Kepatuhan yang dimaksudkan untuk mendorong percepatan peningkatan kualitas dan transparansi pelayanan publik.

Mengingat pada tahun 2021 hasil penilaian kepatuhan Kabupaten Malang oleh Ombudsman RI belum maksimal, sehingga diperlukanlah upaya agar penyelenggaraan pelayanan publik menjadi lebih baik.

Selain dihadiri, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Timur Agus Muttaqin,hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, jajaran Asisten Pemerintahan Kabupaten Malang, Jajaran Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang.

Sementara itu hadir secara daring melalui zoom meeting Kepala Puskesmas dan Kepala Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan se Kabupaten Malang. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sosialisasi Penilaian Kepatuhan Tahun 2022, Wabup Malang Selalu Berupaya Meningkatkan Pelayanan Publik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT