Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Sosialisasi PKH di Malang Raya, Mensos Ingin PKH Mandiri 

profile
Senopati

25 Juni 2022 20:00

411 dilihat
Sosialisasi PKH di Malang Raya, Mensos Ingin PKH  Mandiri 
Menteri Sosial Tri Rismaharini, didampingi anggota DPR-RI Dapil Malang raya Andreas dan perwakilan dari Bank Indonesia wilayah Malang. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini minta para penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang memiliki usaha, bisa melakukan inovasi mandiri pada usahanya.

Hal tersebut, disampaikan usai melaksanakan program sosialisasi PKH se Malang raya di Pendopo Agung Pringgitan Kabupaten Malang, Sabtu (25/6/2022).

Mensos mengatakan, pihaknya ingin para penerima bantuan PKH tidak usah menerima bantuan, karena penerima bantuan hanya akan mendapatkan 200 ribu saja.

"Jika penerima bantuan PKH memiliki usaha mandiri, mereka akan memiliki pendapatan jauh lebih besar dari 200 ribu tadi," harap dia.

Risma mengaku bersyukur, atas inisiasi Anggota DPR RI yang bekerjasama dengan Bank Indonesia menawarkan konsep Usaha Kecil Mikro (UKM).

"Pak Andreas ini luar biasa, dengan orientasi UKM yang digandengkan dengan BI, ini hebat," katanya.

Perempuan yang pernah menjabat Walikota Surabaya ini menceritakan, saat menjadi Walikota Surabaya pihaknya sama sekali memberikan modal.

"Namun saya saat memberikan arahan bahwa kami tidak memberikan modal, mereka menjawab Ibu sudah memberikan ilmu buat kami agar kami bisa berwirausaha dengan modal kemampuan kami," beber Risma.

Risma berharap, para penerima PKH bisa secepatnya bangkit dan berusaha untuk mandiri.

Dikatakannya, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah akan memberikan kemudahan serta fasilitas yang dibutuhkan para penerima PKH dalam berwirausaha nanti.

"Mudah-mudahan para penerima PKH bisa lekas mandiri dalam berusaha, memang untuk para pemula memerlukan waktu, namun Insyaallah mereka memiliki keinginan tinggal bagaimana kita menyiapkan perijinannya untuk UKM dan lain-lainnya," tandas Tri Rismaharini.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto menjelaskan, dengan Sinergitas Pemda, Kementrian Sosial dan BI dalam dalam kemandirian wirausaha sangat diperlukan.

"Dengan Sinergitas tersebut BI suporting  pembiayaan, Bu Risma suporting pengusaha dan pembiayaan sedangkan kami Pemerintah Daerah yang membantu memfasilitasi," jelas Wabup Malang.

Wabup Malang menambahkan, fasilitas perekonomian akan mendapatkan dukungan, Pemda akan mengundang toko toko modern pertamina.

"Intinya kami akan memberikan seluas luasnya pada mereka (PKH) dalam berusaha, serta kemudahan dalam perijinan, itusalah satu bagian yang menjadi sinergi yang kami siapkan, yang terutama mengarahkan para penerima (PKH) bisa ekonomi mandiri," imbuh Didik Gatot Subroto.

Dalam arahan Kemensos tadi, dalam kurun waktu 6 bulan kedepan ada pendampingan yang maksimal, dan Pemkab Malang akan dijadikan pilot project Ekonomi Mandiri ini.

"Jadi dalam kurun waktu 6 bulan nanti Pemkab Malang akan didampingi tim pendamping dari pusat yang tujuan akhirnya kami dijadikan pilot project program Ekonomi Mandiri ini, kami terima," pungkasnya.(nes)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sosialisasi PKH di Malang Raya, Mensos Ingin PKH Mandiri 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT