Kamis, 01 Juni 2023
Pemerintahan

Tak Hanya Silaturahmi, Ini Misi Bupati Bondowoso saat Monev ke PT Epson Batam

profile
Rizqi

04 Mei 2023 21:01

1.3k dilihat
Tak Hanya Silaturahmi, Ini Misi Bupati Bondowoso saat Monev ke PT Epson Batam
Bupati KH Salwa Arifin didamping oleh Kepala Dinas DPMTSP dan Naker Nunung Setianingsih saat meninjau proses perakitan di pabrik PT Epson Batam, Kamis (4/5/2023). (Foto : Rizqi Mardianto/SJP)

Bondowoso, SJP – Momentum Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah memberikan berkah tersendiri bagi 45 warga Bondowoso yang bekerja PT Epson Batam. Pasalnya, warga asli kota tape ini dikunjungi oleh Bupati KH Salwa Arifin.

Kunjungan ini merupakan momentum bagi Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk menjaga silaturrahmi dan menjaga kebersamaan antara pemerintah dengan tenaga kerja Bondowoso, yang merantau di luar pulau Jawa.

Tak hanya itu, Bupati Salwa Arifin juga melakukan monitoring penempatan tenaga kerja di PT Epson Batam di tahun 2023. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan jumlah rekrutmen tenaga kerja asli Bondowoso.

“Kami berterimakasih atas kepercayaan PT Epson Batam yang telah merekrut pekerja dari Bondowoso. Hal ini tentunya bisa menekan angka pengangguran dan kami berharap rekrutmen pekerja asli Bondowoso bisa terus ditambah,” katanya, Kamis (4/5/2023).

Saat ini, kata bupati, angka pengangguran di Bondowoso relatif tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah terus berusaha mencarikan solusi dengan melakukan kejasama dengan perusahaan-perusahaan swasta.

“Saat ini tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Bondowoso tahun 2022 sebesar 4,32 persen, dengan jumlah pengangguran masih cukup besar yaitu 20.533 orang,” urai Bupati didampingi oleh Kepala Dinas DPMTSP dan Naker. 

Pemkab Bondowoso terus berupaya meningkatkan kualitas pembangunan di bidang ketenagakerjaan. Meskipun hal itu tidaklah mudah, dengan jumlah penduduk yang semakin besar, sehingga pertumbuhan angkatan kerja lebih cepat, daripada pertumbuhan kesempatan yang tersedia.

“Salah satu upaya untuk menanggulangi masalah tersebut, yang mengakibatkan masih tingginya angka pengangguran, yakni dengan melaksanakan kegiatan penempatan tenaga kerja. Kami berharap, nantinya PT Epson bisa menambah pekerja dari Bondowoso,” harap Bupati Salwa.

Dalam kesempatan itu juga, bupati mengingatkan akan pentingnya keikutsertaan pekerja asal Bondowoso dalam BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini sebagai bentuk proteksi para pekerja dalam menghadapi resiko pekerjaannya.

"Melalui kunjungan ini, semoga segala aspirasi dan sharing yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi para tenaga kerja. Pesan saya, bekerjalah dengan ikhlas, utamakan keselamatan, dan manfaatkan apa yang sedang anda kerjakan sebagai peluang untuk meraih sukses di masa depan," pungkasnya. (*)

Pewarta: Rizqi Mardianto

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Hanya Silaturahmi, Ini Misi Bupati Bondowoso saat Monev ke PT Epson Batam

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT