Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Tak Kantongi Rekom Dinsos, Galang Dana Korban Banjir Banyuwangi Bisa Ditindak

profile
Ikhwan

08 November 2022 13:13

364 dilihat
Tak Kantongi Rekom Dinsos, Galang Dana Korban Banjir Banyuwangi Bisa Ditindak
Foto : istimewa

BANYUWANGI - Aksi galang dana peduli korban banjir Kalibaru menjamur di Banyuwangi. Dilakukan oleh sekelompok masyarakat via online ataupun secara langsung menggunakan kaleng di jalan-jalan umum. 

Kondisi ini menjadi perhatian dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Banyuwangi.  

Kadinsos PPKB, Henik Setyorini mengatakan penggalangan dana tak bisa sembarang. Bagi mereka yang ingin melakukan aksi galang dana wajib melampirkan pemberitahuan dan mengantongi rekom dari dinsos. 

"Jika tak mengantongi surat, siap-siap bakal ditertibkan oleh petugas. Ini masih kami koordinasikan dengan Satpol PP," kata Henik, Selasa (8/11/2022). 

Henik menyebut alasannya adalah untuk mengantisipasi hal buruk. Diantaranya adalah adanya oknum culas yang ingin memanfaatkan musibah bencana ini untuk meraup keuntungan pribadi.  

Selain itu juga untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu ketertiban lalu lintas dan umum. 

"Jadi prosedurnya mengajukan dulu ke Dinsos. Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk dari adanya aktivitas tersebut. Kita ini menjaga teman-teman jangan sampai niat baik ini malah kemudian dianggap buruk," ujarnya. 

Pihaknya ingin aksi kemanusiaan tersebut tidak sampai dimanfaatkan oleh oknum garong yang ingin meraup untung untuk kepentingan pribadi.  

Artinya, pemerintah daerah ingin aktivitas itu tetap dalam pengawasan dan tidak sampai melanggar Peraturan Mentri Sosial Nomor 8 2021 dan Perda Nomor 11 Tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat di Kabupaten Banyuwangi 

"Nantinya hasil galang dana pun harus dilaporkan. Hasilnya berapa disalurkan lewat mana, disertai dengan bukti-bukti penunjang lainnya. Artinya semua tetap dalam pengawasan," tegas dia.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Kantongi Rekom Dinsos, Galang Dana Korban Banjir Banyuwangi Bisa Ditindak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT