Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Tak Lagi Risau, Dokumen Penting Warga Terdampak Banjir di Banyuwangi Sudah Dipulihkan

profile
Ikhwan

21 Oktober 2022 15:59

394 dilihat
Tak Lagi Risau, Dokumen Penting Warga Terdampak Banjir di Banyuwangi Sudah Dipulihkan
Warga terdampak banjir berbondong bondong melakukan perbaikan dokumen penting

BANYUWANGI - Raut ceria nampak dari wajah warga terdampak banjir di Lingkungan Sutri, Kelurahan Sobo, Banyuwangi.

Dokumen kependudukan yang sebelumnya rusak karena banjir akhirnya ada harapan untuk dipulihkan.

Layanan perbaikan dokumen penting bagi keluarga korban banjir itu, difasilitasi langsung Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi, di lokasi warga terdampak, sejak Kamis (20-21/10/2022) malam hingga Jumat (21/10/2022).

Warga yang mengurus perbaikan dokumen, rata-rata kehilangan mulai KTP, KK hingga akta kelahiran. Seluruh warga difasilitasi oleh petugas menggunakan mobil pelayanan Dispendukcapil keliling.

Menariknya, arsip yang rusak ataupun hilang milik warga terdampak banjir, langsung bisa dipulihkan saat itu juga.

"Saat itu juga langsung jadi," beber Kepala Dispendukcapil Banyuwangi, Djuang Pribadi, kepada sejumlah wartawan.

Menurut Juang, penanganan dokumen secara langsung khusus kepada warga terdampak banjir pada Senin (17/10/2022) kemarin itu, merupakan ikhtiar Dispendukcapil Banyuwangi dalam memberikan pelayanan terbaiknya.

"Karena dokumen itu sangat dibutuhkan. Baik itu untuk pendidikan anak, kesehatan, maupun bantuan dari pemerintah bagi warga kurang mampu," cetusnya.

Juang menambahkan, pelayanan Dukcapil tidak hanya di Lingkungan Sutri, namun akan berlanjut di dua kelurahan lain yang ikut terdampak. Seperti Kelurahan Pakis dan Kelurahan Kertosari.

"Termasuk nantinya di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, yang sebelumnya juga terdampak banjir. Kita sudah meminta agar mendata warga yang betul-betul dokumennya hilang atau rusak. Sehingga kita juga datangi," ungkapnya.

Juang mengaku, pelayanan secara langsung di lokasi bencana, tidak hanya bagi warga yang merasa kehilangan dokumen maupun arsipnya rusak. "Kami juga membuka bagi mereka yang mungkin juga kena banjir, tapi dokumennya perlu di update kita tetap layani, gratis tanpa dipungut biaya," tegasnya.

Sedangkan Lurah Sobo, Yudi Setiawan, membeberkan total warga yang kehilangan dokumen penting terdampak banjir di Lingkungan Sutri, ada 10 orang.

"Ini warga yang terdampak banjir semua, ada yang rumahnya roboh, lemarinya juga hanyut. 10 orang yang kita data ini, ada yang kehilangan KTP, akta kelahiran, KK juga rusak," beber Yudi.

Selain dokumen kependudukan, Yudi melanjutkan, ada juga ijazah milik anaknya ikut rusak. "Sehingga untuk ijazah ini, nanti kita koordinasi dengan Dispendik dalam pemulihannya," tukasnya.

Yudi menambahkan, pelayanan dari Dispendukcapil Banyuwangi ini, selain untuk pemulihan dokumen warga yang rusak akibat banjir, namun juga dimanfaatkan warga setempat untuk mengupdate status kependudukannya.

"Selain korban, ada sekitar 50 warga yang ikut memperbaiki dokumen kependudukannya. Karena kita umumkan lewat pengeras suara di masjid dan group RT," pungkasnya.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tak Lagi Risau, Dokumen Penting Warga Terdampak Banjir di Banyuwangi Sudah Dipulihkan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT