Rabu, 17 Agustus 2022
Pemerintahan

Terkait Pelayanan Publik, Pemkab Malang Akan Lebih Baik Lagi Dalam Pelayanan Publik

profile
Senopati

22 Juli 2022 09:37

426 dilihat
Terkait Pelayanan Publik, Pemkab Malang Akan Lebih Baik Lagi Dalam Pelayanan Publik
Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Sutrisno. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang terus melakukan lebih baik lagi dan serius dalam pelayanan publik, sebab strategi nasional berada pada pelayanan publik.

Perihal tersebut disampaikan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Malang, Sutrisno, usai sosialisasi penilaian kepatuhan tahun 2022 di Pendopo Agung Pringgitan Kabupaten Malang, Kamis kemarin 21 Juli 2022.

Sutrisno mengatakan, dari evaluasi pelaksanaan pelayanan publik pihaknya sudah melaporkan pada Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan RI dengan membawa pendukung bahwa Pemkab Malang l bih serius lagi penanganan pelayanan publik 

"Pendukung pelayanan publik sudah diminta oleh Beliau (Menkopolhukam) selaku koordinator Kementrian dan trandingnya strategi nasional terletak pada pelayanan publik, maka Bapak Bupati Malang serius dalam pelayanan publik ini," kata Sutrisno.

Sampai saat penilaian untuk Pemkab Malang masih wajar, dan penilaian beberapa waktu lalu teknologi sedang di off kan, jadi saat Ombudsman melakukan penilaian tidak bisa melaksanakan penilaiannya.

"Hanya pada saat tadi Rapat Koordinasi, Ombudsman menyampaikan bahwa kebetulan informasi yang ada Kabupaten Malang tidak on kena Hacker mau tidak mau kita sampaikan, namun secara umum pelayanan publik kita baik dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelas Sutrisno 

Saat Rakor, salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menyampaikan bahwa ada komponen yang tidak masuk penilaian namun dinilai.

"Dan Ombudsman memaklumi ada beberapa yang kurang sinkron sehingga perlu dibenahi, jadi apa yang disampaikan DPMPTSP sudah benar, namun pelayanan perijinan kita sudah baik hanya perlu sinkronisasi saja," bebernya 

Terkait kriteria penilaian kepatuhan tahun ini dari Ombudsman semuanya sama dengan tahun kemaren, ada standart, target, Sumber daya Manusia, teknologi cukup, sarana dan prasarana yang berbasis pelayanan harus cukup, karena komponen parameter dari Ombudsman sudah lengkap.

"Jadi penilaian dari Ombudsman sama dengan tahun kemaren, ada standart pelayanan, target pelayana, sarana dan prasarana pelayanan, SDM yang menangani pelayanan cukup memadai dan kompon parameter dari Ombudsman sudah lengkap. Untuk tahun ada tambahan penilaian lagi, ada wawancara," terangnya.

Untuk penilaian tahun ini, pihak Ombudsman tisak hanya membawa dokumen dari OPD namun harus mampu berkomunikasi kedua belah pihak.

"Jadi tahun ini, penilaiannya ada wawancara, dimana mereka (Ombudsman) harus mampu mendengarkan jawaban kita, kenapa ini ada dan apa yang harus disempurnakan. Semua yang terkait Undang Undang pelayanan publik akan menjadi penilaian dari Ombudsman, namun yang terpenting Pemkab Malang siap dinilai oleh tim dari Ombudsman," pungkas Sutrisno. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Terkait Pelayanan Publik, Pemkab Malang Akan Lebih Baik Lagi Dalam Pelayanan Publik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT