Rabu, 30 November 2022
Pemerintahan

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Jasa Konstruksi, DPU CKPP Banyuwangi Gelar Sosialiasi PBG

profile
Ikhwan

09 Agustus 2022 20:04

397 dilihat
Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Jasa Konstruksi, DPU CKPP Banyuwangi Gelar Sosialiasi PBG
Sosialisasi sistem informasi manajemen bangunan gedung oleh DPU CKPP Banyuwangi

BANYUWANGI - DPU CKPP Banyuwangi menggelar sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) untuk perizinan PBG dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF), Selasa (9/8/2022).

Sosialiasi dilakukan guna memberikan pemahaman baru sebagai upaya peningkatan kapasitas masyarakat jasa konstruksi dalam rangka penyelenggaraan bangunan gedung. 

Kabid Penataan Ruang, Bayu Hadiyanto mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari pembinaan. Disamping itu, sosialisasi ini adalah untuk penyebar luasan norma, standarisasi, dan prosedur kriteria bangunan gedung.

Selanjutanya, peningkatan kesadaran akan hak, kewajiban, dan peran dalam proses penyelenggaraan bangunan gedung, peningkatan kapasitas aparat pemerintah daerah dan penyelenggaraan bangunan gedung.

"Jadi tujuan akhirnya seperti itu. Diharapkan pula aga seluruh lapisan masyarakat mengetahui dan memahami PBG dan SLF sebagai pengganti IMB," kata Bayu.

Bayu menyebut, PBG diterbitkan sebagai perizinan mendirikan bangunan baru maupun mengubah fungsinya.

PBG adalah sistem baru pengganti dari model IMB atau Izin Mendirikan Bangunan.

Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang (UU) No 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung

Dasar-dasar dari aturan perundangan itu untuk Kabupaten Banyuwangi juga sudah memiliki aturan turunannya yaitu, Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu.

"Jadi untuk penarikan retribusi PBG itu sudah ada dalam Perda Nomor 1 Tahun 2022. Termasuk semuanya sudah terakomodir dalam Perda tersebut," jelasnya.

Dalam proses pengurusan PBG, lanjut Bayu, juga dilibatkan Tim Profesi Ahli (TPA), yang akan memberikan pertimbangan teknis dalam Penyelenggaran Bangunan Gedung dan memastikan dokumen rencana teknis tersebut sesuai standar teknis sebelum PBG diterbitkan.

"Pengurusan PBG saat ini bisa dilakukan melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG). Apabila dokumen permohonannya itu lengkap dan benar serta pemohon memahami alurnya, PBG dan SLF sudah bisa terbit dalam waktu 28 hari sejak diajukan," paparnya.

"Melalui sosialisasi ini harapan kami, masyarakat bisa lebih memahami alur perizinan PBG dan SLF melalui SIMBG. Sehingga upaya percepatan dalam penyelenggaraan atau penyederhanaan proses perizinan ini benar-benar bisa dilakukan di Banyuwangi," imbuhnya. 

Editor : Syahrul 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Tingkatkan Kapasitas Masyarakat Jasa Konstruksi, DPU CKPP Banyuwangi Gelar Sosialiasi PBG

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT