Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Untuk Mensukseskan Pemilu 2024, Dispendukcapil Kabupaten Malang Gencarkan Perekaman E-KTP Bagi Pelajar dan Santri

profile
Senopati

05 November 2022 09:38

561 dilihat
Untuk Mensukseskan Pemilu 2024, Dispendukcapil Kabupaten Malang Gencarkan Perekaman E-KTP Bagi Pelajar dan Santri
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Harry Setia Budi . (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pemerintah Kabupaten Malang, melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) terus menggencarkan dan jemput bola kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elekronik atau e-KTP.

Terutama, untuk kalangan siswa siswi yang telah berusia 16 tahun, dengan melaksanakan perekaman disetiap kecamatan, guna mensukseskan pemilihan umum 2024, serta meningkatkan jumlah jumlah pemilih pemula.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Malang, Harry Setia Budi mengatakan, program perekaman e-KTP ini diutamakan para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan para santri Pondok Pesantren bertujuan untuk identitas kependudukan juga untuk meningkatkan pemilih pemula.

"Jadi program perekamanan e-KTP ini kita khususkan untuk siswa SMA dan SMK dan santri Ponpes di seluruh Kabupaten Malang karena mereka sudah berusia diatas 16 tahun, dan identitas berupa e-KTP ini sangat diperlukan untuk pengurusan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) maupun BPJS kesehatan, dan yang utama partisipasi pemilih pemula dari kalangan pelajar, pada Pemilu 2024 mendatang," kata Harry saat dihubungi awak media, Jumat sore 4 November 2022 kemarin.

Mengacu UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu jelas menyebutkan bahwa pemilih harus memiliki e-KTP dan berusia 17 tahun, maka Dispendukcapil Kabupaten Malang terus menggencarkan perekaman e-KTP terutama pelajar, santri.

"Saat ini, kami terus melaksanakan perekaman e-KTP bagi pelajar SMA dan SMK serta santri yang berada di Pondok Pesantren disetiap kecamatan, dan kami melaksanakan perekaman langsung di sekolah maupun di Ponpes," imbuh Harry.

Dispendukcapll Kabupaten Malang, menargetkan program e-KTP untuk pelajar SMA dan SMK serta santri yang berada di Ponpes akan selesai tahun 2023 mendatang, untuk itu pihaknya meminta peran serta masyarakat dalam mensukseskan program perekaman e-KTP.

"Kami dari Pemkab Malang juga minta peran serta dan partisipasi masyarakat dalam program perekaman e-KTP ini, sehingga target 2023 semua pelajar maupun santri yang berusia 17 tahun bisa menjadi pemilih pemula dalam pemilu tahun 2024 nanti, dan yang terpenting bisa meningkatkan jumlah pemilih pemula dalam Pemilu mendatang," tandasnya 

Dispendukcapil Kabupaten Malang, masih melakukan perekaman e-KTP, saat ini di wilayah Kecamatan Sumberpucung dengan menyasar beberapa sekolah SMA dan SMK.

"Sedangkan Minggu mendatang, kami akan menyasar Ponpes An Nur yang ada di Kecamatan Bululawang. Dari data sementara yang masuk ada 448 pelajar yang melaksanakan perekaman e-KTP yang semuanya pelajar SMA dan SMK dari Kecamatan Sumberpucung," pungkas Harry Setia Budi. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Untuk Mensukseskan Pemilu 2024, Dispendukcapil Kabupaten Malang Gencarkan Perekaman E-KTP Bagi Pelajar dan Santri

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT