Senin, 28 November 2022
Pemerintahan

Urai Kemacetan di Kota Genteng, Pemkab Banyuwangi Mulai Pembangunan Jalan Lingkar Barat

profile
Ikhwan

06 November 2022 20:27

529 dilihat
Urai Kemacetan di Kota Genteng, Pemkab Banyuwangi Mulai Pembangunan Jalan Lingkar Barat
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani memantau progres pembangunan jalur lingkar barat. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memulai pembangunan jalan lingkar barat Kecamatan Genteng. Jalan ini digadang-gadang mampu mengurai kemacetan di Kota Genteng.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani menyebut perencanaan pembangunan jalan tersebut sudah sejak 20 tahun lalu. Namun tahun ini baru bisa terealisasi.

"Setelah proses perencanaan hampir 20 tahun lamanya, jalan ini mulai kita bangun," kata Ipuk saat meninjau pembangunan jalan tersebut, Minggu (6/11/2022).

Ipuk menyebut jalan akan dibangun melintasi Terminal Wiroguno dan terhubung dengan Desa Dasri.

Diharapkan jalan itu mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Pasar Genteng. Selain itu, papar Ipuk, pembukaan akses baru diyakini membawa potensi ekonomi baru bagi masyarakta yang tinggal di sepanjang jalur tersebut. 

"Kami akan mempersiapkan rencana tata ruang wilayahnya. Sehingga nanti pertumbuhan yang ada, bisa diatur sebaik mungkin," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas PU Cipta Karya, Perumahan dan Pemukiman (CKPP) Banyuwangi Danang Hartanto mengatakan ditahap awal ini panjang jalan yang dibangun masih 1,3 km.

Skemanya, dari 1,3 km, 700 meter diantaranya dibangun menggunakan beton. Dengan lebar 10 hingga 12 meter.

"Sementara 600 meter sisanya, masih kita lakukan pengerasan. Kurang lebih butuh waktu sekitar 6 bulan. Jadi, untuk betonisasi akan dilanjutkan setelah cukup keras," pungkasnya.

Masih Danang, di bawah kepemimpinan Ipuk Fiestiandani, pembangunan jalan adalah salah satu prioritas. Hal ini menjadi upaya untuk mempermudah mobilisasi dan diharapkan mampu mengungkit perekonomian masyarakat.

"Semua kami lakukan secara bertahap. Selain perbaikan penuh, juga setiap hari kami melakukan tambal sulam di sepanjang jalan Banyuwangi," tandasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Urai Kemacetan di Kota Genteng, Pemkab Banyuwangi Mulai Pembangunan Jalan Lingkar Barat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT