Selasa, 27 September 2022
Pemerintahan

Wakil Ketua DPRD Lumajang Tegaskan Setiap Komisi Wajib Bermitra Dengan OPD

profile
Syahrul

26 Agustus 2022 00:20

372 dilihat
Wakil Ketua DPRD Lumajang Tegaskan Setiap Komisi Wajib Bermitra Dengan OPD
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, H Akhmat, saat di ruang sidang

LUMAJANG - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, H Akhmat menyampaikan, terdapat 4 komisi pada tubuh DPRD Kabupaten Lumajang, yaitu Komisi A, Komisi B, Komisi C dan Komisi D.

"Masing-masing komisi memiliki mitra kerja sendiri-sendiri, yang dikoordinatori oleh salah satu Pimpinan DPRD, kalau saya sebagai koordinator Komisi D," katanya kepada awak media ini, via chat WhatsApp, Kamis (25/8/2022).

Masing-masing komisi, menurut H Akhmat, harus bermitra dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi, dan ketentuan itu ditetapkan dalam Rapat Pimpinan DPRD dalam bentuk Keputusan Pimpinan DPRD.

"Untuk jumlah keanggotaan setiap komisi ditetapkan dengan mempertimbangkan perimbangan dan pemerataan jumlah anggota antar komisi," tambahnya.

Keanggotaan dalam komisi, diungkapkan wakil rakyat asal Kecamatan Jatiroto ini, diputuskan dalam Rapat Paripurna atas usulan Fraksi pada awal tahun anggaran.

"Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi dipilih dari dan oleh anggota komisi dan dilaporkan dalam Rapat Paripurna," imbuhnya lagi.

Terkait dengan masa jabatan Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris Komisi, diterangkan politisi PPP ini, dapat dilakukan pergantian setelah masa keanggotaannya dalam komisi paling singkat 2 tahun 6 bulan berdasarkan usulan Fraksi. 

"Jika ada pergantian, ya meneruskan sisa masa jabatan yang digantikan, dan anggota DPRD pengganti antar waktu menduduki tempat anggota komisi yang digantikan," paparnya lagi.

Namun perpindahan Anggota DPRD antar Komisi, dikatakan wakil rakyat 3 periode ini, dapat dilakukan setelah masa keanggotaannya dalam komisi paling singkat 1 tahun berdasarkan usulan Fraksi.

Sementara, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, menyampaikan, Komisi ini mempunyai tugas dan wewenang untuk memastikan terlaksananya kewajiban daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, yang menjadi kewenangan daerah dan kewajiban lainnya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Kami bertugas melakukan pembahasan rancangan Peraturan Daerah (Perda) dan Keputusan DPRD sesuai dengan ruang lingkup tugas komisi," ujar wakil rakyat asal Kecamatan Senduro ini.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga mempunyai tugas membantu pimpinan DPRD dalam menyelesaikan masalah yang disampaikan Bupati atau masyarakat kepada DPRD. 

"Kami bertugas juga menerima, menampung dan membahas serta menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Dan juga mengupayakan peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah," bebernya. 

Supratman mengatakan, ada juga tugas untuk melakukan kunjungan kerja komisi atas persetujuan Pimpinan DPRD.

"Mengajukan usul kepada Pimpinan DPRD yang termasuk dalam ruang lingkup bidang tugas komisi dan memberikan laporan tertulis kepada Pimpinan DPRD tentang hasil pelaksanaan tugas komisi," tutupnya. 

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wakil Ketua DPRD Lumajang Tegaskan Setiap Komisi Wajib Bermitra Dengan OPD

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT