Kamis, 09 Februari 2023
Pemerintahan

Warga Pamekasan Minta Kepastian Pilkades Serentak 2023

profile
Faisol

17 Januari 2023 22:48

694 dilihat
Warga Pamekasan Minta Kepastian Pilkades Serentak 2023

PAMEKASAN - Warga Kabupaten Pamekasan melakukan audiensi di kantor DPRD setempat, Selasa (17/1/2023). Mereka meminta pemerintah daerah menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2023 untuk 15 desa.

Audiensi tersebut ditemui Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ali Maskur beserta anggotanya, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan Fathorrahman.

Junaidi, salah seorang warga yang turut serta dalam audiensi tersebut menuntut ketegasan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan.

"Kasihan masyarakat jika Pilkades ditunda, kami harap Pemkab Pamekasan tetap menggelar Pilkades serentak tahun 2023 ini," ucap Junaidi.

Dikatakan, ini bukan hanya soal ketegasan pemerintah, melainkan juga dorongan dari seluruh anggota Komisi I DPRD Pamekasan.

"Dewan juga harus menyatakan sikap, supaya harapan masyarakat melalui audiensi ini tidak sia-sia," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Pamekasan Ali Maskur akan terus berupaya pelaksanaan Pilkades serentak digelar pada tahun ini.

"Kami upayakan. Nanti kami coba tembusi ke Kemendagri, hasilnya akan kami informasikan kembali," ungkapnya.

Terpisah, Kepala DPMD Pamekasan Fathorrahman mengaku akan bersurat ke Kemendagri perihal teknis Pilkades serentak 2023. “Sekarang tinggal nunggu petunjuk dari Kemendagri. Kalau anggaran sudah ada, setengah miliar (Rp 500 juta),” terangnya.

Ia menambahkan, jika nanti Pilkades tetap terlaksana, harus mencari jalan terbaik supaya situasi Pamekasan tidak memanas.

“Tentu kita juga akan memikirkan dampak yang akan terjadi, karena tahun ini tahun politik, segala kamtibmas harus didesain sebaik mungkin, demi kenyamanan bersama,” tukasnya.

Diketahui, 15 desa yang bakal menggelar Pilkades serentak tersebut tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Pamekasan.

Di antaranya Kecamatan Proppo, Kecamatan Pademawu, Kecamatan Pegantenan, Kecamatan Palengaan, Kecamatan Batumarmar, dan Kecamatan Pasean.

Untuk Kecamatan Proppo, meliputi Desa Toket, Billa’an, dan Pangbetok. Untuk Kecamatan Pademawu, yakni Desa Pademawu Barat dan Jarin.

Untuk Kecamatan Pegantenan, meliputi Desa Bulangan Haji dan Ambender. Untuk Kecamatan Palengaan, yakni Desa Banyupelle, Palengaan Laok dan Kacok.

Untuk Kecamatan Batumarmar, meliputi Desa Bangsereh, dan Bujur Tengah. Sementara untuk Kecamatan Pasean hanya Desa Tagangser Daya.

Selain dari 13 desa itu, ada 2 desa yang sebelumnya tahun 2022 Pilkades-nya tertunda, yakni Desa Tamberu Agung Kecamatan Tamberu, dan Desa Penaguan Kecamatan Proppo. (Faisol)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Warga Pamekasan Minta Kepastian Pilkades Serentak 2023

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT