Selasa, 28 Juni 2022
Pemerintahan

Wujudkan Kawasan Permukiman Sesuai Amanat Undang-undang, ini Langkah DPU CKPP Banyuwangi 

profile
Ikhwan

09 Juni 2022 09:42

228 dilihat
Wujudkan Kawasan Permukiman Sesuai Amanat Undang-undang, ini Langkah DPU CKPP Banyuwangi 
Siteplan DPU CKPP Banyuwangi

BANYUWANGI - Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (DPU CKPP) Banyuwangi berupaya mengimplementasikan UU No.1 Tahun 2011 tentang perumahan dan Kawasan Permukiman serta PP 12 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman. 

Sebagai bentuk upayanya dinas, menerbitkan rekomendasi rencana tapak "Site Plan", untuk menata dan menertibkan perumahan agar tercipta lingkungan aman, nyaman dan berimbang.

Site plan layaknya peta, namun lebih khusus menjadi panduan perencanaan pembangunan. Site plan merupakan gambar dua dimensi yang memberikan rencana detail pembangunan dengan semua unsur penunjang di dalamnya, dalam skala batas-batas luas lahan tertentu.

Site plan adalah gambar berbentuk skala yang disiapkan untuk menggambarkan denah tanah dan rencana penggunaannya seperti perencanaan area yang akan dijadikan bangunan, area parkir, jalan, utilitas air, listrik, penerangan, kontur, drainase, dan sebagainya.

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman DPU CKPP, Banyuwangi Edi Purnomo mengatakan, site plan salah satu hal penting yang wajib dibuat sebelum seorang memutuskan untuk membangun rumah atau bangunan lainnya. Bentuk site plan berupa gambar dua dimensi. 

"Biasanya gambar site plan dipakai oleh pengembang properti sebelum pembangunan dimulai. Bagi pembeli, site plan juga sangat berguna karena bisa melihat perencanaan yang akan dilakukan pengembang sehingga merasa yakin," kata Edi, Selasa (8/6/2022).

Masih kata Edi, gambar site plan juga harus menunjukkan bangunan baru atau rencana penambahan di masa depan lengkap dengan garis kontur tanahnya. Dua elemen paling penting pada site plan adalah kavling tapak dan elemen pendukungnya. Tapak digunakan pihak pengembang untuk mempromosikan area yang dipasarkannya.

"Sementara elemen pendukung site plan merujuk pada aspek ekosistem maupun faktor utilitas wajib yang menjadi kebutuhan utama bagi para penghuni rumah di masa depan, sehingga mereka merasa aman dan nyaman," ungkapnya.

Edi menambahkan, selain bermanfaat sebagai perencanaan pembangunan bagi pihak pengembang, site plan juga berguna bagi calon pembeli. Mereka bisa memperoleh gambaran detail atas bangunan yang akan dibeli tanpa harus mendengar penjelasan panjang dari pihak pengembang.

"Melalui site plan pula calon pembeli dapat mengenali lokasi pilihan dengan lebih akurat sesuai seleranya. Dengan begitu, calon pembeli juga bisa memilih lokasi yang paling tepat dengan mempertimbangkan fasilitas dan akses terdekat dari lokasi yang dituju," tutup Edi. (*)

Editor : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wujudkan Kawasan Permukiman Sesuai Amanat Undang-undang, ini Langkah DPU CKPP Banyuwangi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT