Rabu, 17 Agustus 2022
Pendidikan

Ajang Kreasi Pelajar Pancasila hingga Ikrar Milenial Bagi MPLS, Begini Penjelasan Kasek MTSN 6 Malang

profile
Senopati

21 Juli 2022 08:29

555 dilihat
Ajang Kreasi Pelajar Pancasila hingga Ikrar Milenial Bagi MPLS, Begini Penjelasan Kasek MTSN 6 Malang
Salah satu ajang kreasi yang ditampilkan pada kegiatan Masa Pengenalan lingkungan Sekolah (MPLS) di MTs Negeri 6 Kabupaten Malang. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Kegiatan selama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diikuti semua pelajar dilangsungkan dengan suasana menyenangkan sepekan ini, dimulai dari penyambutan hari pertama siswa baru.

Selama kegiatannya, pihak sekolah juga mengajak peserta saling mengenali potensi diri dan tertantang untuk berkreatifitas.

Hal tersebut dikatakan Kepala Sekolah MTs Negeri 6 Kabupaten Malang, Sutirjo pada saat kegiatan MPLS tersebut.

Menurut Sutirjo, kreativitas unik dan menyenangkan ini seperti tampak di kegiatan pengenalan madrasah di MTsN 6 Malang, yang bernama Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama).

"Semua siswa MTsN ini diajak berkumpul di lapangan terbuka dan membentuk konfigurasi barisan berbentuk hati. Konfigurasi barisan siswa ini dengan payung warna merah putih mengelilingi panggung kecil di tengah lapangan," kata Sutirjo Rabu kemarin 20 Juli 2022.

Sutirjo menambahkan, pada kegiatan MPLS tersebut, setiap siswa mengenakan busana adat nusantara sambil membawa bendera kecil.

Diiringi lagu 'Kebyar-kebyar' ala Gombloh yang dinyanyikan para guru, pelajar ini serentak juga mengibarkan bendera yang dibawa. Bersamaan itu, dibacakan Ikrar Milenial. 

"Peserta didik baru mencoba berkreasi Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin, mereka menampilkan Kebhinekaan Indonesia dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, sekaligus juga Rahmatan lil Alamin sesuai program dari Kemenag," ujar Sutirjo.

Selain itu, lanjut Sutirjo, juga ditampilkan di panggung cinta NKRI yang ada di tengah lapangan, siswa baru dituntut saling kerja sama menyuguhkan ragam kesenian khas Nusantara.

Banyak ragam penampilan dari tiap daerah, salah satunya yaitu membawakan tarian daerah Papua.

"Dengan ditampilkannya ragam budaya nusantara kita ini, peserta anak didik baru lebih mencintai dan mengenal lebih dekat lagi budaya budaya yang ada di Negara kita ini,Indonesia, kita ini ternyata kaya akan beragam suku bangsa dan budaya," terangnya

Sutirjo berharap kegiatan ini selain mencintai dan mengenal ragam budaya bangsa Indonesia, juga bisa melestarikan budaya bangsa kita sebagai bagian dari Profil Pelajar Pancasila Rahmatan lil Alamin.

"Kami berharap peserta didik baru, kedepannya lebih mencintai dan yang utama mampu melestarikan ragam budaya yang merupakan warisan nenek moyang kita ini, saatnya para penerus dan pemegang tongkat estafet bangsa ini lebih dini mengenal ragam budaya Indonesia," pungkas Sutirjo. (Seno)

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ajang Kreasi Pelajar Pancasila hingga Ikrar Milenial Bagi MPLS, Begini Penjelasan Kasek MTSN 6 Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT