Rabu, 17 Agustus 2022
Pendidikan

Apresiasi Budaya dan Kebhinekaan SMAN 1 Pagak, Tampilkan Drama "Si Malin Kundang"

profile
Senopati

24 Juli 2022 10:56

472 dilihat
Apresiasi Budaya dan Kebhinekaan SMAN 1 Pagak, Tampilkan Drama "Si Malin Kundang"
Drama "Si Malin Kundang" yang ditampilkan siswa SMAN 1Pagak di ajang MPLS 2022. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pada penutupan Masa pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA Negeri 1 Pagak Kabupaten Malang, menjadi ajang apresiasi budaya dan kebhinekaan, penampilan teatrikal dan unjuk bakat pelajar yang salah satunya menampilkan drama "Si Maling Kundang".

Berbagai peragaan yang ditampilkan pun antusias disimak dengan antusias 232 siswa baru SMAN 1 ini. Tertarik dengan aksi pemeran, seperti tak terasa bosan dan betah berlama-lama duduk berkelompok di tengah lapangan. 

Menurut Wakil Ketua II SMAN 1 Pagak, Dita Farera Putri,  drama yang diperankan anggota Dewan Ambalan Pramuka Penegak, juga teater yang disajikan anggota Teater Kelas, yang jadi salah satu ekskul favorit di SMAN setempat. 

"Teater yang diperankan menampilkan cerita si Malin Kundang, yang durhaka dan mendapatkan sumpah ibunya. Tetapi endingnya, kutukan si ibu hanya bercanda," kata wakil ketua II SMAN 1 Pagak, Dita Farera Putri, Sabtu (23/7/2022). 

Meski begitu, ada nilai karakter dan pesan moral dari cerita tersebut. Yakni, dalam bercanda pun, jangan terlalu kelewatan. 

Selain menampilkan drama "Si Maling Kundang", ada Penampilan nggota Penegak Pramuka SMAPa yang tidak menarik, seperti jelajah alam atau napak tilas, diperagakan dengan diselipi dialog drama. 

Cerita drama yang disajikan tentang kedekatan salah satu anggota dengan pimpinan regu, yang menimbulkan rasa tidak suka anggota lainnya. 

"Ending cerita dibuat bersambung. Tetapi, pesan dari ceritanya tentang kerja sama, kekompakan, saling menghargai dan tidak mudah saling menyalahkan," imbuh Dita. 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 1 Pagak, Wawan Harjito mengungkapkan, bidang seni selama ini memang menjadi favorit prestasi non-akademik di berbagai ajang lomba atau festival. 

Pada 2019 lalu, siswa SMAPa meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik dan penampil terbaik Dramatisasi Cerpen yang digelar Balai Bahasa di Bandung. 

Pada 2021 lalu, kreatifitas seni teater pelajar SMAN 1 Pagak juga meraih juara 2 Jatim pada lomba musikalisasi puisi dan mewakili provinsi di ajang FL2SN tingkat nasional. 

"Selain punya ikon seni pelajar yang kerap berprestasi, bakat minat siswa SMAN 1 Pagak juga diwadahi dalam kegiatan ekskul kesenian lainnya. Seperti karawitan, tari, paduan suara dan musik. Kegiatan ekskul lainnya di bidang olahraga, seperti bela diri Merpati Putih, voli, basket, futsal putra/putri, serta bidang keagamaan di Badan Dakwah Islam dan Baca dan Kajian Al-qur'an, dengan kegiatan tersebut para siswa bisa mengembangkan kreatifitasnya," pungkasnya. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Apresiasi Budaya dan Kebhinekaan SMAN 1 Pagak, Tampilkan Drama "Si Malin Kundang"

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT