Selasa, 27 September 2022
Pendidikan

Beri Stimulus LP Ma'arif NU Terkait Inovasi, Khofifah Sebut Unisma Patut Dijadikan Refrensi

profile
Doi

29 Agustus 2022 10:29

466 dilihat
Beri Stimulus LP Ma'arif NU Terkait Inovasi, Khofifah Sebut Unisma Patut Dijadikan Refrensi
Gubernur Jawa Timur dalam kunjungannya ke Kota Batu, di Pusat Oleh-oleh Ken Dedes. (Doi/SJP)

KOTA BATU – Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU mendapatkan dukungan dan motivasi dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa untuk melakukan percepatan adaptasi dan inovasi menjawab tantangan global.

Khofifah menjelaskan, LP Ma'arif NU harus mampu menghadapi era disrupsi, yang menuntut inovasi dalam penyelenggaraan tata kelola maupun proses belajar mengajar untuk percepatan  adaptasi. 

Dalam sambutannya pada acara Rapat Kerja Nasional LP Ma'arif NU di Pusat Oleh-oleh Ken Dedes Kota Batu, Gubernur Jatim menyebut dua lembaga pendidikan dibawah naungan NU yang menurut dia layak dijadikan contoh untuk mengembangkan inovasi sebagai kata kunci karena perubahan.

"Saat ini, kita dituntut untuk bisa melakukan percepatan untuk bisa beradaptasi dengan dinamika perkembangan jaman. Silakan lihat Unisma dan SMK NU di Blitar dan Sidoarjo," ungkapnya. Minggu malam 28 Agustus 2022.

Selanjutnya, Khofifah menegaskan era globalisasi yang menuntut standar kualitas sekolah tidak hanya diukur dalam skala lokal atau nasional tapi dalam skala global. 

"Kualitas pendidikan termasuk LP Ma'arif harus dijalankan mengikuti standar internasional, dan itu sudah dilakukan oleh Unisma Malang," imbuh dia.

Tidak berhenti hanya pada disrupsi dan globalisasi, Khofifah juga mengimbau agar LP Ma'arif NU harus mampu beradaptasi dengan era media sosial.

"Harapan dan tuntutan masyarakat semakin tinggi dan makin mudah diketahui secara luas. Sebagai bagian dari wujud kesadaran masyarakat untuk mencerdaskan putra-putrinya, itu harus dipahami," kata dia.

Untuk itu, masih kata Khofifah, lembaga pendidikan juga harus memanfaatkan media sosial sebagai sarana perkuat komunikasi dan jejaring termasuk  promosi atas  prestasi yang dicapai.  

"Insan pendidikan juga harus open mind dan manfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk fungsi  belajar dan syiar, seperti yang selalu dilakukan Unisma dalam pimpinan Profesor Maskuri," harapnya.

Gubernur Jatim menambahkan, jika NU secara makro ingin memajukan peradaban dunia, maka pintu masuk utamanya adalah melalui pendidikan.

“Untuk menjawab tantangan pendidikan dunia, maka kualitas pendidika harus dijalankan dengan mengikuti standar kualitas pendidikan internasional,” terangnya.

Sementara itu. Ketua LP Ma’arif NU PBNU Prof Muhammad Ali Ramdhani mengatakan dalam rakernas yang mengangkat tema 'Membangun Pendidikan  Unggul untuk Peradaban Dunia yang Berkelanjutan' akan melakukan evaluasi program kerja tahun-tahun sebelumnya dan membahas program kerja untuk masa mendatang.

Selain itu, agenda yang akan dibahas dalam rakernas adalah berkaitan dengan standar pendidikan LP Ma'arif hingga membangun Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pencegahan dan penanggulangan perundungan kekerasan seksual di lingkungan lembaga pendidikan. 

“Satgas ini dijuluki sebagai Satgas Ma’arif Bermartabat. Ini merupakan langkah preventif kami untuk mencegah perilaku diskriminatif dan menghormati perbedaan yang ada,” ungkapnya

Selain itu, dirinya juga menyampaikan bahwa Rakernas ini juga disebutnya sebagai forum untuk merekonstruksi pemikiran dan mensinergikannya guna membentuk peradaban bangsa.

“Sehingga akan ada keberlanjutan yang sangat panjang. Karena harta terindah adalah anak kita dan wisata terindah adalah pembelajaran. Harapannya LP Ma’arif bisa jadi lembaga pendidikan terbaik,” harapnya. (Doi Nuri)

Editor: Redaksi 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Beri Stimulus LP Ma'arif NU Terkait Inovasi, Khofifah Sebut Unisma Patut Dijadikan Refrensi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT