Selasa, 24 Mei 2022
Pendidikan

Peringatan HaBupati Mojokerto Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar

profile
Andy

13 Mei 2022 21:58

401 dilihat
Peringatan HaBupati Mojokerto Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar
Upacara peringatan Hardiknas di halaman Pemkab Mojokerto diikuti oleh ratusan pelajar. (SJP)

MOJOKERTO - Dalam rangka mendukung Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melaksanakan upacara bendera, Jumat, (13/5/2022) pagi, di halaman Pemkab Mojokerto.

Peringatan Hardiknas kali ini, berbeda dengan tanggal sebagaimana mestinya, yakni 2 Mei kemarin, karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H dan cuti bersama.

Keterangan mengenai peringatan tersebut, sebelumnya sudah disampaikan melalui surat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, nomor 28254/MPK/TU.02.03/2022 tertanggal 22 April 2022.

Mengusung tema 'Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar', upacara dipimpin langsung oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dan diikuti oleh seluruh kepala sekolah, guru dan siswa mulai jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) secara tatap muka dan protokol kesehatan.

Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Mojokerto saat memberikan hadiah dan thropy berbagai jenis lomba

Bupati Ikfina menambahkan, sejumlah perkembangan Merdeka Belajar yang kini tengah menginjak tahun ketiga. Beberapa di antaranya adalah Kurikulum Merdeka yang kini sudah dijalankan ratusan ribu sekolah di seluruh Indonesia, pergantian pergantian nasional menjadi Asesmen Nasional, serta terciptanya dana abadi kebudayaan untuk para pelaku budaya dan seniman.

"Terbukti mampu mengurangi dampak pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di dari 140.000 satuan pendidikan di Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan," jelas Ikfina saat membacakan bicara Mendikbud Ristek RI , Nadiem Anwar Makarim.

Ikfina menegaskan, para guru dan murid tidak perlu lagi khawatir dengan tes kelulusan karena Asesmen Nasional sekarang digunakan tidak bertujuan untuk menghukum, tetapi sebagai bahan refleksi agar guru sampai kepala sekolah terdorong untuk belajar.

"Sehingga nanti ditentukan untuk meningkatkan kualitas sekolahnya menjadi lebih inklusif dan bebas dari ancaman tiga dosa besar pendidikan," tegasnya.

Berbagai tarian tradisional mewarnai upacara peringatan hardiknas

Lanjut Ikfina, semangat yang sama juga sudah kita dengar dari para seniman dan pelaku budaya, sekarang mulai bangkit lagi, mulai berkarya lagi dengan lebih merdeka. Itu semua berkat kegigihan kita untuk melahirkan terobosan ana abadi kebudayaan dan budaya pertama di Indonesia. 

"Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan," terangnya.

Masih Ikfina, semua perubahan positif yang kita gunakan bersama ini tidak dirasakan oleh para orang tua,guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui konferensi tingkat tinggi G20.

"Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia," tukasnya.
Dalam Rangkaian Peringatan Hardiknas 2022 ini, Bupati Mojokerto juga menyerahkan piala kepada para juara Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Adapun rincian juara FLS2N dan OSN 2022 sebagai berikut.

Daftar juara FLS2N Jenjang SMP, kategori Vocal Solo juara 1 diraih SMPN 1 Ngoro, juara 2 SMPN 1 Dlanggu, juara 3 SMP Santo Yusuf. Kategori Desain Poster, juara 1 diraih SMPN 1 Dawarblandong, juara 2 SMPN 2 Dawarblandong dan juara 3 SMPI Al-Akbar.

Kategori Festival Musik Tradisional, juara 1 diraih SMPN 1 Dawarblandong, juara 2 SMPN 2 Dawarblandong dan juara 3 SMPN 1 Gondang. Kategori Fetival Kreativitas Tari, juara 1 yang diraih oleh SMPN 1 Dawarblandong, juara 2 SMPN 1 Mojosari dan juara 3 SMPN 1 Puri. Kategori Gitar Duet, SMPN 2 Dawarblandong berhasil meraih juara 1, juara 2 diraih SMPN 3 Kutorejo juara 3 SMPN 2 Gedeg. 

Juara OSN jenjang SMP mata pelajaran Matematika berhasil dimenangkan siswa dari SMPN 1 Ngoro, juara 2 siswa SMPN 2 Bangsal dan juara 3 siswa asal SMPN 1 Puri. OSN mata pelajaran IPA dimenangkan pelajar asal SMPN 1 Ngoro, disusul juara kedua oleh siswa asal SMPN 1 Mojosari, sementara juara ketiga diraih siswa asal SMP Al Qur'an An Nawawy. OSN mata pelajaran IPS dimenangkan oleh siswa asal SMPN 1 Bangsal, juara 2 siswa asal SMPN 1 Trowulan dan juara 3 diraih siswa asal SMPN 1 Sooko. 

Daftar juara FLS2N jenjang SD, Kategori Menyanyi Tunggal juara 1 asal SDN Trawas 1, juara 2 pelajar asal SDN Pohkecik dan juara 3 diraih siswa asal SDN Kebonagung.

Lomba Gambar bidang Bercerita juara 1 berhasil disabet siswa asal SDN Kebonagung, juara 2 siswa asal SDN Mojosari sementara juara 3 diraih siswa asal SDN Sekargadung.

Lomba bidang Pantomim, juara 1 yang diraih SDN Banjaragung, juara 2 yang diraih SDN Bangsal dan juara 3 berhasil diraih SDN Bandarasri 2. Lomba di bidang Seni Tari dimenangkan SDN Banyulegi, disusul juara 2 diraih SDN Purwojati dan juara 3 diraih SDN Kedunglengkong. Lomba kategori Kriya Anyam, juara 1 berhasil diraih siswa asal SDN Gempolkerep, juara 2 siswa asal SDN Sooko 1 dan juara 3 diraih siswa asal SDN Gunungan.

Juara OSN SD mata pelajaran IPA juara 1 berhasil diraih siswa asal SDN Mojosari, juara 2 diraih siswa asal SDN Pulorejo 2 dan juara 3 diraih siswa asal SDN Kepuhanyar.

Editor: Doi Nuri

Tags
Anda Sedang Membaca:

Peringatan HaBupati Mojokerto Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT