Rabu, 07 Desember 2022
Pendidikan

Dalam Penerapan MBS, Sekolah Wajib Bermitra Dengan Komite

profile
Achmad

26 September 2022 19:12

542 dilihat
Dalam Penerapan MBS, Sekolah Wajib Bermitra Dengan Komite
Kegiatan workshop pembuatan komite sekolah. (SJP)

LUMAJANG - Dalam penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Drs Agus Salim, yang menurutnya terkait kebijakan, komunikasi dan terkait apa saja, harus bermitra dengan pihak Komite Sekolah.

Menurut Agus, MBS dipandang dan dinilai memberikan keleluasaan bagi sekolah, untuk menata dan mengelola pembelajaran yang mendidik, dan mencerdaskan bagi kehidupan bangsa di masa yang akan datang.

"Itulah makna dari MBS, dan terkait dengan yang belum memberitahukan tentang Rencana Kerja Sekolah (RKS) kepada pihak Komite Sekolah, nanti perlu diingatkan," katanya kepada media ini, Senin (26/9/2022) via chat WhatsApp nya.

Sejatinya, kata Agus Salim, pihaknya sudah lama memberitahukan kepada pihak sekolah untuk bermitra dengan Komite Sekolah. 

"Itu sudah dulu, jadi terkait kegiatan dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan BOS Daerah, atau apapun itu, yang tertuang di RKS, sebaiknya transparan dan terbuka," paparnya lagi.

Bahkan, Guslim sendiri pernah memerintahkan, kalau transparansi dan keterbukaan itu bisa diumumkan di papan ruangan, bisa ruang tamu atau ruangan lainnya. Dan Guslim juga perintahkan untuk bermitra dengan Komite Sekolah, menjadi keharusan.

"Bahkan dalam pembuatan kurikulum, pihak sekolah wajib juga mengikutsertakan Komite Sekolah, selaku mitra sekolah," tambahnya. 

Jika masih ada pihak sekolah yang masih belum terbuka terhadap Komite Sekolah, kemungkinan mereka adalah Komite Sekolah yang masih baru, atau sebaliknya.

"Bisa saja Kepala Sekolahnya masih baru dan Komite Sekolah nya juga masih baru, jadi belum ada kemistri, akhirnya belum saling terbuka," pungkasnya.

Guslim berharap, kedepan kemitraan antara pihak sekolah dengan Komite Sekolah akan terus terjalin kebersamaan demi suksesnya MBS di Kabupaten Lumajang. (Fuad)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dalam Penerapan MBS, Sekolah Wajib Bermitra Dengan Komite

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT