Senin, 28 November 2022
Pendidikan

Dosen Univeristas Widyagama Lakukan Konservasi Sumber Mata Air di Kecamatan Singosari

profile
Ikhwan

26 September 2022 18:59

536 dilihat
Dosen Univeristas Widyagama Lakukan Konservasi Sumber Mata Air di Kecamatan Singosari

KABUPATEN MALANG – Pengelolaan sumber air berbasis konservasi merupakan upaya pelestarian sumber daya alam yang bermanfaat bagi kehidupan.

Dibeberapa tempat sumber memiliki peran sentral dalam memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat.

Hal ini menjadi motivasi bagi kelompok dosen Universitas Widyagama Malang untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk konservasi sumber air.

Akademisi dari Universitas Widyagama Malang melakukan pemeliharaan sejumlah sumber mata air yang berada di Kecamatan Singosari.

Kegiatan dilakukan sebagai bagian hibah Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Dirjen Pendidikan Tinggi tahun anggaran 2022. 

Tim terdiri dari Dr. Nurida Finahari, MT (dosen jurusan Teknik Mesin), Dr. Gatot Soebiyakto, MT (dosen jurusan Teknik Mesin) dan Alfiana, M.Ak (dosen jurusan Akuntansi).

Kegiatan dilakukan di tiga sumber air yang berada di jalur wisata Seribu Candi yaitu Sumber Kendedes, Sumberawan, dan Sumber Nagan. 

"Ketiga sumber tersebut memiliki nilai kesejarahan yang berakar pada Kerajaan Singosari. Tiga sumber air ini digunakan masyarakat sekitar untuk berbagai kebutuhan yaitu mandi, cuci sampai dengan wisata bagi warga lokal," kata Dr Nurida Finahari, Senin (26/9/2022).

Kegiatan dilakukan dalam bentuk pembenahan fisik antara lain pembersihan area sekitar sumber, pembenahan ruang ganti, pemberian tempat sampah dan lain-lain.

Koordinasi dilakukan dengan warga setempat untuk pelaksanaan kegiatan. Edukasi untuk menjaga kebersihan di sekitar wilayah sumber menjadi salah satu fokus kegiatan. 

Selain, kegiatan fisik dalam bentuk pembersihan area sekitar sumber, juga dilakukan penambahan tempat sampah.

"Seluruh kegiatan ini diharapkan dapat menjaga kebersihan area sumber sebagai upaya konservasi sumber air di Singosari," ujar Nurida. (**)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Dosen Univeristas Widyagama Lakukan Konservasi Sumber Mata Air di Kecamatan Singosari

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT