Senin, 28 November 2022
Pendidikan

Hari Jadi ke-19, Impian SMKN 2 Turen Jadi Barometer Sekolah Kemaritiman 

profile
Senopati

26 Oktober 2022 23:13

540 dilihat
Hari Jadi ke-19, Impian SMKN 2 Turen Jadi Barometer Sekolah Kemaritiman 
Kepala Sekolah SMKN 2 Turen kabupaten Malang, H. Imam (kiri) bersama para guru dan tamu undangan. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Momentun Hari Jadi SMKN 2 Turen Kabupaten Malang ke 19 dijadikan penyemangat untuk meningkatkan prestasi dan inovatif.

Salah satu hasil kreativitas dan inovatif dari siswa siswi SMKN 2 Turen, yaitu atraksi paramotor yang mengudara beberapa menit di atas langit kawasan Sidayu Turen, Selasa 24 Oktober 2022 kemarin.

Paramotor yang mengudara tersebut, sembari mengibarkan kain spanduk bertuliskan Dirgahayu 19 tahun SMKN 2 Turen.

Kepala SMKN 2 Turen, H Imam mengungkapkan, potensi yang ada di SMKN 2 ini coba terus didorong untuk dikembangkan.

"Alhamdulillah, tahun ini kami termasuk SMK Pusat Keunggulan Kemendikbud Ristek. Dan, kami tetap berupaya menjadikan sekolah ini kebanggaan masyarakat, dengan berbagai prestasi dan keunggulannya," kata Imam, memaknai HUT SMKN 2 tahun ini, saat ditemui awak media, Rabu (26/10/2022).

Dengan menjadi SMK PK, lanjut Imam, ia juga berharap kompetensi keahlian bidang kemaritiman di SMKN 2 Turen bisa jadi unggulan. 

"Saya berharap dalam waktu tiga tahun ke depan, kompetensi nautika di SMKN 2 ini bisa menjadi barometer sekolah kemaritiman paling tidak di Jawa Timur, syukur bisa bertaraf nasional," ungkap dia. 

Harapan tersebut tentu bukan tanpa alasan. Dimana, kompetensi kemaritiman sangat dibutuhkan dengan kayanya potensi laut yang ada di wilayah Indonesia. 

"Potensi laut kita luar biasa, sebagian besar sumber kekayaan ada di laut. Nah, ini yang kemudian kami dorong dengan sumberdaya keahlian kemaritiman untuk bisa manfaatkan potensi kelautan kita," jelas Imam. 

Di SMKN 2 Turen sendiri, punya beberapa kompetensi keahlian kemaritiman. Yakni, jurusan Nautika dan Teknika Kapal Penangkapan Ikan (NKPI dan TKPI), juga Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan dan Air Tawar (APHPi dan APAT). 

Dengan beberapa kompetensi tersebut, pengolahan hasil perikanan juga sangat prospek dikuasai siswa.

Terlebih, dengan penguatan pelatihan dan manajemen kewirausahaan yang bagus, maka olahan hasil laut akan cukup menjanjikan bagi perekonomian masa depan. 

"Ada budidaya perikanan, juga pengolahan hasil perikanan, yang bisa menjadi bisnis wirausaha siswa nantinya. Kebetulan, kami didukung pendampingan pelatihan dari lembaga Nuffic dan Q-Point dari Belanda, IFSI (Indonesian Food Safety Institute) dan Mutu Agung Indonesia," jelas Imam. 

Targetnya, kata Imam, membangun wirausaha pemula pengolahan hasil perikanan yang sehat. 

Dalam kaitan ini pula, SMKN 2 Turen sudah menginisiasi program one student one pond, dimana tiap siswa diharapkan punya kolam budidaya ikan sendiri. 

"Untuk itu, kami berharap nantinya para siswa siswi SMKN 2 Turen mampu membangun wirausaha pemula hasil perikanan dengan menginisiasi program one student on pond,. Kegiatan Hari. Kegiatan Hari Jadi sekolah kami untuk tahun ini dipusatkan di halaman depan kami," pungkas Imam 

Selain atraksi paramotor, pada Hari Jadi SMKN 2 Turen ini juga melaksanakan kegiatan senam aerobik bersama, dilanjutkan gerak jalan sehat serta unjuk kemampuan bakat kreatif.

Aksi bakat kreatif menampilkan kemampuan bermain musik, tarian tradisional, juga atraksi bela diri pencak silat dan penampilan parade kolosal dalam bingkai 'Wonderful Indonesia.' Dengan busana adat berbagai daerah. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hari Jadi ke-19, Impian SMKN 2 Turen Jadi Barometer Sekolah Kemaritiman 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT