Rabu, 07 Desember 2022
Pendidikan

Hari Pahlawan di Situbondo, TN Baluran Diserbu Penjajah

profile
Sarwo

10 November 2022 12:58

754 dilihat
Hari Pahlawan di Situbondo, TN Baluran Diserbu Penjajah
Teaterikal, para pejuang berhasil merobek bendera Belanda menjadi bendera merah putih (Sarwo/Sjp)

SITUBONDO - Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022, Taman Nasional (TN) Baluran, Baluran, diserbu penjajah. 

Penyerbuan TN Baluran ini merupakan peringatan hari pahlawan yang digelar di Goa Jepang yang terletak di halaman Balai Taman Nasional Baluran, Situbondo yang diikuti ratusan murid SD Negeri 1 Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, pada Kamis (10/11/2022) pagi.

Sebelum aksi teatrikal perobekan bendera belanda digelar, ratusan murid SD, Kepala Sekolah, Guru bersama anggota Balai TN Baluran, mengenakan pakaian adat, selain itu beberapa guru dan murid peserta teatrikal menggunakan pakaian layaknya pejuang tempo dulu saat mengikuti upacara bendera.

Kemudian acara dilanjutkan teaterikal yang juga menjadi rangkaian pelaksanaan upacara Hari Pahlawan.

Teatrikal perjuangan yang dipertontonkan kepada masyarakat sekitar tersebut mengisahkan tentang perjuangan para pahlawan di Hotel Yamato, Surabaya, Jawa Timur.

Aksi teatrikal tersebut diawali dengan satu kelompok peserta yang mendapat peran sebagai tentara Belanda yang memasang bendera di tiang bendera diatas Goa Jepang yang di ibaratkan sebagai Hotel Yamato dengan Bendera Belanda yang berwarna merah, putih, biru.

Setelah pemasangan bendera tersebut, satu kelompok murid yang berperan sebagai pejuang indonesia, datang dari berbagai arah mengepung dan menyerbu Hotel Yamato dengan berbekal senjata bambu runcing dan senjata seadanya.

Pejuang Indonesia berhasil mengalahkan Belanda dan satu pejuang berhasil mencapai puncak, lantas merobek warna biru bendera Belanda dan menjadikan warna bendera Merah Putih.
Spontan peserta upacara dan para penonton menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ajudan inspektur upacara AAM Sofyan  menjelaskan, teatrikal ini mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengenang dan meneladani betapa beratnya perjuangan para pejuang Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

 "Dalam aksi teatrikal para siswa siswi bisa menjiwai perjuangan para pahlawan yang gagah berani melawan penjajah. Khususnya saat perjuangan melawan Belanda di Surabaya,” kata Sofyan.

Sofyan menandaskan, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. 

"Dengan merayakan Hari Pahlawan, agar para generasi penerus bangsa bisa mengobarkan semangat patriotisme dan nasionalisme,"tukasnya. (Sarwo)

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Hari Pahlawan di Situbondo, TN Baluran Diserbu Penjajah

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT