Kamis, 09 Februari 2023
Pendidikan

Jalin Solidaritas TNI - Polri, Kapolda Jatim Buka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan ke-2

profile
Andy

12 Desember 2022 12:05

500 dilihat
Jalin Solidaritas TNI - Polri, Kapolda Jatim Buka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan ke-2
Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Hermanto saat buka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AL dan Diktukba Polri TA 2022

MOJOKERTO - Dalam rangka menjalin sinergitas Polri dengan TNI, Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Toni Hermanto membuka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AL dan Diktukba Polri TA 2022, Senin (12/12/2022) pagi.

Kapolda Jatim Irjen Pol Jatim Irjen Pol Toni Hermanto membacakan amanat Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof Dr H Rycko Amelza Dahniel di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jatim.

"Upacara ini merupakan awal dimulainya rangkaian kegiatan diklat integrasi tni-polri dalam bentuk latihan kolaborasi untuk peserta didik Mabes TNI Angkatan Darat TNI Angkatan Laut TNI angkatan udara dan peserta didik diktukba Polri yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 12 sampai dengan 16 Desember 2022," terang Irjen Pol Toni Hermanto.

Lebih lanjut, Irjen Pol Toni Hermanto mengatakan, diklat integrasi TNI - Polri ini merupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerja sama pendidikan dan pelatihan integrasi di semua jenis dan jenjang pendidikan TNI dan Polri.

"Saya ingin menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan integrasi TNI dan Polri sebelumnya hanya dilaksanakan pada tingkat perwira saja yaitu pendidikan integrasi Taruna Akmil AU dan Akpol, Plpada pendidikan pengembangan sespimmen dan sespimti dengan sesko TNI Angkatan Darat TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara. Kini, diperluas sampai kepada tingkatan Tamtama dan Bintara di semua jenis dan jenjang pendidikan," jelas Irjen Pol Toni.

Menurutnya, tujuan utama dari pendidikan dan pelatihan integrasi adalah untuk mempererat soliditas dan sinergitas seluruh prajurit TNI dan Bhayangkara Polri sejak dari masa pendidikan sehingga terbentuk kebersamaan kekompakan dan ikatan moral dalam tupoksinya masing-masing.

"Materi-materi pendidikan dan pelatihan integrasi yang diberikan adalah Pengenalan Trimatra,  fungsi Trimatra, perbantuan TNI kepada Polri dan perbantuan Polri kepada TNI, operasi bersama TNI-Polri dan kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergitas dan soliditas melalui integrasi TNI-Polri," tuturnya.

Sementara itu, Dirdik Kodiklatal Laksma TNI Dato Rusman menyampaikan, kegiatan hari ini merupakan integrasi yang dikemas oleh TNI - Polri untuk soliditas khususnya dalam penugasan untuk mewujudkan masyarakat yang lebih baik.

Perlu diketahui, waktu pelaksanaan diklat Integrasi Kampus kebangsaan TNI-Polri dilaksanakan selama 5 hari dimulai tanggal 12 sampai dengan 16 Desember 2022 di 13 Satuan Pendidikan (SATDIK) Polri, 11 SATDIK TNI AD dan 1 SATDIK TNI AL .

Jumlah peserta didik yang tergabung dalam diklat ini sebanyak 7.306 orang, yang terdiri dari Polri 4.346 laki-laki dan 503 Wanita. TNI AD 1.452 laki-laki dan 170 Wanita. TNI AL 765 laki-laki dan 50 Wanita. TNI AU 20 Wanita.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Jalin Solidaritas TNI - Polri, Kapolda Jatim Buka Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan ke-2

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT