Kamis, 09 Februari 2023
Pendidikan

Kajari Tanjung Perak Sosialisasikan Program Edukasi Jaksa Masuk Sekolah (JMS)

profile
jefri

16 Desember 2022 11:09

579 dilihat
Kajari Tanjung Perak Sosialisasikan Program Edukasi Jaksa Masuk Sekolah (JMS)
Program Jaksa Masuk Sekolah. (SJP)

SURABAYA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak melalui program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tanggap edukasi berbagai persoalan hukum di era digital penggunaan media sosial yang kini merambah masuk dunia pendidikan anak dalam adaptasi percepatan teknologi.

Kepala Kejari Tanjung Perak, Aji Kalbu Pribadi menyampaikan materi hukum kepada siswa SMPN 31 Surabaya, Kamis 15 Desember 2022 kemarin.

Kegiatan ini adalah bagian responsif pihak penegak hukum jalankan peran dan fungsi pengawasan, pembinaan mental dan sikap prilaku anak tetap waspada dan kenali sanksi hukum termasuk jika terjadi bentuk atau upaya pelanggaran ataupun melawan hukum.

Dicontohkan Kajari seperti yang sedang marak berrdar melalui medsos (media sosial) informasi publik keberadaan terkait kelompok provokasi oknum (gangster) yang membawa senjata tajam (sajam). 

Pemberian edukasi itu disampaikan kepada 80 siswa SMPN 31 yang terdiri dari kelas VII, kelas VIII dan Kelas IX. 

"Melalui Program JMS ini, kami memberikan materi terkait dengan  penggunaan media sosial agar tidak melanggar hukum, dan Anak yang berhadapan dengan hukum, serta sanksi hukum apabila membawa senjata tajam (sajam) tidak sesuai aturan yang ada," tuturnya.

Dalam penyampaian materinya, Kajari Tanjung Perak ini juga mengangkat tentang kenakalan remaja yang belakangan ini terjadi di Surabaya dan sempat viral, yakni adanya sekelompok orang yang terdiri dari orang dewasa dan anak-anak melakukan kegiatan yang meresahkan warga.

"Kami juga memberikan pengetahuan tentang apa itu Jaksa dan Kejaksaan," ujar Aji Kalbu Pribadi.

Usai mendapatkan materi, para siswa-siswi melakukan diskusi yang dibagi dalam 5 kelompok.

Masing-masing kelompok diminta untuk menjawab pertanyaan yang langsung dinilai oleh kelompok lain melalui aplikasi KAHOOT.

Suasana diskusi tersebut menjadi seru lewat kelompok siswa yang salah menjawab langsung ditanggapi antar siswa lain lewat tepukan tangan dari kelompok yang ikut meriahkan kegiatan di lokasi.

Bagi kelompok yang berhasil menjawab pertanyaan benar akan diberikan hadiah. Sedangkan bagi kelompok yang tidak berhasil menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan souvernir.(Jefri Yulianto)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kajari Tanjung Perak Sosialisasikan Program Edukasi Jaksa Masuk Sekolah (JMS)

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT