Kamis, 06 Oktober 2022
Pendidikan

Konten Video Kreatif Pelajar SMK MUTU Gondanglegi Malang Semarakkan Kemerdekaan RI

profile
Senopati

22 Agustus 2022 13:14

719 dilihat
Konten Video Kreatif Pelajar SMK MUTU Gondanglegi Malang Semarakkan Kemerdekaan RI
Salah satu content video kreatif dari siswa SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang dalam rangka memperingati Kemerdekaan RI ke 77. (SJP)

KABUPATEN MALANG – Pelajar di SMK Muhammadiyah 7 (SMK MUTU) Gondanglegi Kabupaten Malang punya cara positif mengekspresikan ide-ide kreatifnya.

Yakni, dengan memanfaatkan media sosial untuk mengkampanyekan cita dan citra dari lingkungan sekolahnya. 

Menurut Muh Sukron, staff kesiswaan SMK MUTU,  Ekspresi ide-ide ini mereka tuangkan dalam platform medsos berupa video pendek.

Visualnya, berupa konten-konten video yang diunggah melalui aplikasi TikTok dan reel Instagram. 

"Setidaknya ada 150 konten video yang dibuat anak-anak. Temanya tentang ekspose profil sekolah dan praktik baik seperti kedisiplinan. Juga, tentang nasionalisme merayakan HUT Kemerdekaan RI," kata Muh. Syukron, staf kesiswaan SMK MUTU Gondanglegi, Senin (22/8/2022). 

Eskpose sekolah yang ditampilkan, kata Syukron, bisa berisi fasilitas sekolah atau sarpras penunjang seperti praktikum di bengkel atau laboratorium. 

"Ada tema khusus konten video SMK Mutu I'm Lovin It. Isinya mencerminkan kesan dan rasa yang dipunyai siswa pada almamater. Jadi, banyak citra sekolah yang ditampilkan," jelasnya. 

Konten video sendiri harus dibuat perwakilan kelas secara berkelompok atau perorangan. Tiap konten durasi waktunya 30 sampai 60 menit. 

"Dengan banyaknya konten video yang dibuat, selain untuk mengasah, kami ingin kreativitas dan mewadahi bakat siswa-siswi di bidang digital, juga bisa difungsikan sebagai media promosi kegiatan apapun yang ada di sekolah," tandasnya

Sementara itu, Kepala SMK MUTU Gondanglegi, Munali menerangkan, bahwa siswa harus punya konsentrasi keahlian Desain Komunikasi Visual (Diskomvis).

Dengan peralatan praktikum yang dimiliki, lanjut Munali, pelajar SMK Rujukan dan Pusat Keunggulan Kemendikbud ristek ini bisa belajar menguasai kompetensi bidang multimedia dan broadcasting. 

"Sudah banyak konten video kreatif yang sudah dihasilkan tim yang tergabung dalam kompetensi Diskomvis ini. Beberapa film pendek juga dibuat, dan pernah mendapatkan penghargaan juara lomba," pungkas Munali. (Seno)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Konten Video Kreatif Pelajar SMK MUTU Gondanglegi Malang Semarakkan Kemerdekaan RI

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT