Kamis, 09 Februari 2023
Pendidikan

Menuju Sekolah Digitalisasi, Bupati Jember Ajak Kolaborasi Dua Sisi

profile
Rochul

12 Januari 2023 18:47

1.2k dilihat
Menuju Sekolah Digitalisasi, Bupati Jember Ajak Kolaborasi Dua Sisi
Bupati Jember Hendy Siswanto.

Jember –  Bupati Jember Hendy Siswanto, dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman secara resmi meluncurkan Sekolah Digitalisasi Pembelajaran PAUD di TK AL-Amien, Lingkungan Pagah, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Kamis (12/1/2023).

Bupati Hendy menerangkan bahwa Kabupaten Jember memiliki cukup banyak PAUD yang saat ini masih dilakukan uji coba terkait dengan pembelajaran digitalisasi.

Saat ini ada sebanyak 19 PAUD, Pemkab Jember juga didukung sejumlah stakeholder dalam penyusunan perangkat komputer menuju sekolah digitalisasi tersebut.

Menurut Hendy Siswanto, pembelajaran dengan model digital itu menjadi penting. "Sebelumnya, pernah kita coba saat pandemi berlangsung,” katanya.

Tentunya, ada semangat baik dari sekolah digitalisasi yang dapat dimanfaatkan untuk generasi ke depan. Yakni, bagaimana nanti dunia benar-benar berada dalam genggaman.

“Salah satu syaratnya jelas, mereka harus melek digitalisasi dan paham,” jelasnya.

Oleh karena itu, pembelajaran perlu dimulai sejak PAUD. Bupati menargetkan, pada 2023 sebanyak 51 persen PAUD di Jember dapat menerapkan sekolah digitalisasi.

Meski begitu, pembelajaran model digital juga perlu pengawasan dari banyak pihak. 

“Bukan hanya tanggung jawab guru, melainkan juga orang tua,” tuturnya. Termasuk juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Jember.

“Di sini kami hadir bersama dinas pendidikan, lalu kami mengajak setiap guru PAUD supaya mengajak para wali murid untuk masuk di dalam sistem pembelajaran digital untuk memonitor anak mereka masing-masing,” ucapnya.

Bupati Hendy menegaskan bahwa pembelajaran yang diberikan kepada para peserta didik dapat berimbas pada bagaimana mereka menghadapi dunia di kemudian hari. 

“Oleh karena itu, kita perlu sama-sama bertanggung jawab dan berkolaborasi untuk mengawalnya,”.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Jember di antaranya Pj. Sekretaris Daerah Jember Arief Tyahyono, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Hadi Mulyono, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jember Bobby A. Sandy, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sugiyarto, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Jember Sartini, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Harry Agustriono. Kehadiran mereka guna mendukung program yang baru berjalan dalam mewujudkan Jember Lebih Kueren. (Rochul)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Menuju Sekolah Digitalisasi, Bupati Jember Ajak Kolaborasi Dua Sisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT